Kompas TV nasional update

Diimbau Tak Panik, Stok BBM Kilang Pertamina Balongan Dipastikan Aman Pasca Kebakaran Depo Plumpang

Kompas.tv - 5 Maret 2023, 09:10 WIB
diimbau-tak-panik-stok-bbm-kilang-pertamina-balongan-dipastikan-aman-pasca-kebakaran-depo-plumpang
Ilustrasi Kilang minyak Balongan, Indramayu, Jawa Barat. PT Kilang Pertamina Internasional Unit VI Balongan juga menjamin pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Plumpang tetap aman dan lancar. (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Dian Nita | Editor : Gading Persada

INDRAMAYU, KOMPAS.TV -  Kebakaran hebat yang terjadi di Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara dipastikan tidak akan proses distribusi Kilang Minyak Pertamina Balongan, Indramayu, Jawa Barat.

PT Kilang Pertamina Internasional Unit VI Balongan juga menjamin pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Plumpang tetap aman dan lancar. 

Manager Communication, Relation & CSR Kilang Balongan Zulkifli menyampaikan pasokan BBM untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya pun juga aman.

Baca Juga: Minta Depo Pertamina Plumpang Direlokasi, Wapres Maruf Amin: Bisa ke Daerah Pelabuhan

"Kilang tetap beroperasional dengan aman, kami terus mengupayakan terpenuhinya kebutuhan energi nasional, khususnya menjaga agar pasokan BBM ke Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta dan sekitarnya tetap lancar", ujar Zulkifli dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (4/3/2023).

Mengutip Kompas.com, Zulkifli juga mengimbau, masyarakat tidak perlu panik akan berkurangnya pasokan BBM.

Diketahui, Kilang Balongan yang menyimpan 150 milion barrel stream per day (MBSD) dan menyumbang 12,1% dari kapasitas seluruh Kilang Pertamina di Indonesia.

Adapun Area DKI Jakarta dan Jawa Barat sendiri menjadi wilayah utama pendistribusian produk dari Kilang Unit VI Balongan dengan estimasi besaran 82% jika dibandingkan wilayah lainnya.

Baca Juga: Pasca Kebakaran Plumpang, Pertamina Janji Evaluasi Seluruh Aset Vital Pastikan Masyarakat Aman

Diberitakan KOMPAS.TV sebelumnya, PT Pertamina mengaktifkan skema distribusi Reguler, Alternatif, dan Emergency (RAE) untuk memastikan kebutuhan BBM di wilayah Jawa bagian barat, terpenuhi pasca kebakaran di Plumpang.

Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution mengatakan pihaknya bergerak cepat mengaktifkan skema distribusi RAE dengan bantuan suplai dari Terminal BBM (TBBM) Tanjung Gerem, TBBM Cikampek, Fuel Terminal Bandung Group, dan TBBM Balongan.

“Pertamina memastikan pasokan BBM untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di wilayah Jawa bagian barat tidak mengalami kendala dan penyaluran BBM telah kembali normal ” ujar Alfian, Sabtu.

Pertamina disebut menggunakan pasokan cadangan dari terminal bahan bakar minyak terdekat, yaitu Terminal BBM Tanjung Gerem, Terminal BBM Cikampek, dan Terminal BBM Ujung Berung.

Pasokan BBM juga diamankan melalui dukungan dari Kilang Cilacap dan Balongan yang disalurkan lewat laut ke Terminal BBM Tanjung Priok.


 



Sumber : Kompas TV, Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x