Kompas TV nasional peristiwa

Soal Bangunan Padat Dekat Depo Plumpang, Heru Budi: Konsep Saya Serahkan ke Pertamina dan Pusat

Kompas.tv - 4 Maret 2023, 21:16 WIB
soal-bangunan-padat-dekat-depo-plumpang-heru-budi-konsep-saya-serahkan-ke-pertamina-dan-pusat
Sejumlah warga berada di dekat permukiman penduduk yang hangus terbakar akibat kebakaran Depo Pertamina Plumpang di Jalan Koramil, Rawa Badak Selatan, Koja, Jakarta Utara, Sabtu (4/3/2023). Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengaku menanti solusi jangka panjang dari pemerintah pusat dan Pertamina terkait permukiman padat di dekat depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara. (Sumber: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengaku menanti solusi jangka panjang dari pemerintah pusat dan Pertamina terkait permukiman padat di dekat depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara. Pada Jumat (3/3/2023) malam lalu, kebakaran di pipa minyak depo ini merembet ke permukiman sekitar

Depo Pertamina Plumpang sendiri bersisian dengan permukiman padat di Jakarta Utara. Akibat kebakaran hebat, Jumat (3/3) setidaknya 17 orang tewas per Sabtu (4/3).

"Memang sudah cukup padat bangunan-bangunan di sana dan ini adalah tantangan. Konsep ke depannya saya serahkan ke Pertamina dan pemerintah pusat, pemerintah daerah nanti mem-backup apa yang diusulkan pemerintah pusat,” kata Heru Budi dalam program “Kompas Petang” Kompas TV, Sabtu (4/3).

"Saya turut berdukacita atas korban jiwa yang timbul, saya prihatin. Kami Pemda DKI bersama-sama dengan warga yang terdampak, supaya kita bisa bersama-sama menyelesaikan," lanjutnya.

Baca Juga: Keluarga Korban Kebakaran Depo Pertamina Plumpang Diminta Laporkan Kehilangan Kerabat Lewat Hotline

Heru Budi menambahkan, berdasarkan konsep tahun 2009, sedianya ada kawasan penyangga (buffer zone) antara depo Pertamina dengan permukiman. Namun, buffer zone itu tidak terwujud sehingga permukiman warga berdiri berdekatan dengan depo Pertamina.

Menurut Heru Budi, sebagai solusi jangka pendek, pemerintah dapat membuat buffer zone antara depo dengan permukiman. Sedangkan untuk solusi jangka panjang, relokasi warga dapat dilakukan.

Kata Heru Budi, per Sabtu (4/3), terdapat 17 korban jiwa akibat kebakaran depo Pertamina Plumpang. Identifikasi korban jiwa dipusatkan di RS Polri Kramat Jati.

Mengenai pengungsi, Heru Budi menyebut saat ini ada dua titik pengungsian dengan total 786 pengungsi. Ia pun membeberkan tindakan Pemda usai kebakaran melalap pada Jumat (3/3) malam lalu.

"Yang pertama kan kita utamakan menyelamatkan jiwa para korban, jadi tadi malam kami pastikan paramedis cukup, obat-obatan cukup. Berikutnya akses komunikasi kami ke rumah sakit-rumah sakit rujukan sudah disiapkan,” kata Heru Budi.

Heru Budi mengaku akan mengunjungi tempat pengungsian warga pada Sabtu (4/3) malam ini guna mengecek kebutuhan dan tindakan terhadap pengungsi.

Baca Juga: Komisi VII DPR Sebut Perbaikan Manajemen Jadi Prioritas Evaluasi Kebakaran Depo Pertamina Plumpang

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.