Kompas TV internasional kompas dunia

Ledakan Kilang Ilegal di Nigeria Tewaskan Sedikitnya 12 Orang

Kompas.tv - 4 Maret 2023, 02:00 WIB
ledakan-kilang-ilegal-di-nigeria-tewaskan-sedikitnya-12-orang
Ledakan dan kebakaran dekat lokasi kilang minyak ilegal di wilayah Delta Niger Nigeria menewaskan sedikitnya 12 orang hari Jumat, kata polisi Nigeria. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

ABUJA, KOMPAS.TV - Sebuah ledakan dan kebakaran dekat lokasi kilang minyak ilegal di wilayah Delta Niger Nigeria menewaskan sedikitnya 12 orang pada Jumat, kata polisi, meskipun warga setempat melaporkan jumlah kematian yang lebih tinggi.

Ledakan di daerah Emuoha, negara bagian Rivers bagian selatan terjadi di sepanjang pipa yang menjadi target operator kilang ilegal yang mencoba mencuri minyak, kata juru bicara polisi negara bagian, Grace Iringe-Koko.

"Investigasi awal oleh Komando Polisi menunjukkan bahwa korban sedang menyedot produk mentah ketika situs tersebut terbakar," kata Iringe-Koko.

Lima kendaraan, empat bajaj dan sepeda motor "semuanya terbakar habis," katanya, sambil menambahkan bahwa pihak berwenang sedang bekerja untuk menentukan berapa banyak orang yang meninggal.

Masyarakat di area tersebut mengatakan kepada Associated Press bahwa puluhan orang mungkin telah meninggal dalam kebakaran yang berlangsung selama berjam-jam dan korban kebanyakan adalah orang muda yang berencana untuk menyedot minyak dari pipa dan mengangkutnya ke situs kilang ilegal dalam setidaknya lima kendaraan.

Fyneface Dumnamene, direktur eksekutif Youths and Environmental Advocacy Centre, mengatakan sebuah percikan dari knalpot bus yang memuat galon minyak mentah menyebabkan ledakan ketika sopir mencoba pergi.

Baca Juga: Nigeria Berdarah, Pertempuran Bandit dan Kelompok Perlawanan Tewaskan 40 Orang Lebih

Ledakan dan kebakaran dekat lokasi kilang minyak ilegal di wilayah Delta Niger Nigeria menewaskan sedikitnya 12 orang hari Jumat, kata polisi Nigeria. (Sumber: AP Photo)

"Semua orang dalam sekitar lima kendaraan itu terbakar," kata Dumnamene kepada AP.

Warga setempat bergegas mencoba menyelamatkan beberapa orang di lokasi kejadian, tetapi ledakan itu "sangat besar dan mengguncang bangunan kami," kata Issac Amaechi, yang tinggal di area tersebut.

Kilang ilegal adalah bisnis yang menguntungkan di Nigeria, salah satu produsen minyak teratas di Afrika. Mereka lebih banyak tersebar di wilayah Delta Niger yang kaya akan minyak, di mana sebagian besar fasilitas minyak negara terletak.

Pekerja di fasilitas tersebut jarang mematuhi standar keselamatan, sehingga sering terjadi kebakaran, termasuk satu di negara bagian Imo tahun lalu di mana lebih dari 100 orang tewas.

Nigeria kehilangan setidaknya $3 miliar minyak mentah akibat pencurian antara Januari 2021 dan Februari 2022. Operator bisnis yang tidak jelas sering menghindari regulator dengan mendirikan kilang di daerah terpencil seperti di Imo, kata Komisi Regulasi Upstream Petroleum Nigeria (NUPRC) tahun lalu.


 

 



Sumber : Kompas TV/Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x