Kompas TV regional berita daerah

DPRD Klungkung Sepakati Penyertaan Modal untuk Perumda Air Minum Panca Mahottama

Kompas.tv - 2 Maret 2023, 14:51 WIB
dprd-klungkung-sepakati-penyertaan-modal-untuk-perumda-air-minum-panca-mahottama
Foto : Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta bersama Ketua DPRD Klungkung, Anak Agung Gde Anom, saat rapat paripurna tentang Ranperda Penyertaan Modal kepada PDAM Klungkung, Senin (27/2/2023). (Sumber: Kompas TV Dewata)
Penulis : KompasTV Dewata


 

KLUNGKUNG, KOMPAS TV -  Perumda Air Minum Panca Mahotama Kabupaten Klungkung Bali, mendapat modal khusus dari pemerintah daerah setempat. Pemberian modal ini disepakati oleh semua fraksi di DPRD Klungkung, dalam rapat Paripurna tentang Ranperda Penyertaan Modal kepada PDAM Klungkung, Senin (27/2/2023).

“Semua fraksi sudah menyepakatinya, untuk penyertaan modal kepada Perumda Air Minum Panca Mahotama Kabupaten Klungkung, dengan itu perumda atau PDAM Klungkung bisa bekerja lebih maksimal lagi dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat,” kata Ketua DPRD Klungkung, Anak Agung Gde Anom dihubungi Rabu (1/3/2023).  Selain itu, tarif juga sudah naik mulai awal tahun ini sehingga dana segar di PDAM meningkat dari hasil penjualan air, dan kedepan harus mampu berekpansi pada usaha lainnya. “Salah satunya air minum kemasan, nanti pemerintah bantu agar dibeli oleh warga local dengan harga yang lebih murah tentunya,” ujarnya.

Foto : DPRD Klungkung melalui Ketua DPRD Klungkung, sepakati penyertaan modal untuk Perumda Air Minum Panca Mahottama (Sumber: Kompas TV Dewata)

Semua fraksi di DPRD pada umumnya menyetujui ranperda tersebut. Hanya ada beberapa masukan.  Misalnya masukan dari Fraksi Hanura yang dibacakan I Nyoman Sukirta. Menurutnya dengan penyertaan modal daerah ini, Perusahaan Daerah Air Minum  Panca mahottama wajib berkontribusi kepada Pendapatan Asli Daerah dengan menyetor deviden ke kas daerah di tahun-tahun mendatang.

"Untuk kepentingan tersebut agar dalam postur APBD mendatang pihak Perusahaan Daerah Air Minum Panca Mahottama semestinya sudah diberikan target PAD," ungkap Sukirta.

Dalam pendapat akhirnya Fraksi Nasdem  dengan pembicara Ida Ayu Gayatri, meminta kepada Bupati dapat segera menerbitkan Perbup untuk menjadi landasan tehnis yuridis di lapangan. “Saya minta disamping adanya transparansi yang jelas terkait penyertaan modal daerah kepada Perusahaan Umum Daerah Air Minum Panca Mahottama,” ujar IA Gayatri.

Fraksi Gerindra dengan pembicara Nengah Mudiana minta ke depan Perusahaan Daerah Air Minum Panca Mahottama direksi dan manajemen dituntut bekerja secara profesional dan lebih efisien dalam melaksanakan usahanya, dan memberikan pelayanan yang optimal terhadap para pelanggan. 

Fraksi PDIP dengan jubirnya Nengah Aryanta, meminta Agar PDAM Panca Mahottama mengoptimalkan aspek kinerja dan keuangan. “Kita berharap  dengan melaksanakan transfaransi dan akuntabilitas terhadap ROA ( Retur And on Asset ) yang menggambarkan mengenai seberapa efisien management PDAM Panca Mahottama dalam menggunakan dan mengelola Aset, Ungkap Aryanta.

Sementara  Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta menjelaskan, penyertaan modal yang diberikan kepada Perumda ini bukanlah fresh money. Namun berupa penyerahan aset yang sudah sejak dulu digunakan Perumda Tirta Mahottama, namun masih tercatat di Pemkab.

"Itu nilainya sekitar Rp20 miliar. Sekarang perdanya sudah dibuat, sehingga sepenuhnya sudah bisa dikelola oleh Perumda. Sehingga sekarang tidak sulit lagi untuk pemeliharaanya (aset)," jelas Suwirta. (*Krista)

 

 

 

 

 

#DPRDklungkung  #pemkabklungkung  #PAMpancamahotama



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.