Kompas TV regional update

Waspadai! BPBD Umumkan Daftar Wilayah di Jakarta yang Rawan Longsor saat Hujan Lebat

Kompas.tv - 2 Maret 2023, 11:08 WIB
waspadai-bpbd-umumkan-daftar-wilayah-di-jakarta-yang-rawan-longsor-saat-hujan-lebat
Ilustrasi tanah longsor menimpa rumah warga (Sumber: Kompas.com/Alsadad Rudi)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengumumkan daftar wilayah yang rawan longsor seiring curah hujan yang tinggi pada Maret 2023. 

Pengumuman ini dibuat melalui akun Instagram resmi BPBD DKI Jakarta pada Kamis (2/3/2023).

Dalam pengumuman tersebut, BPBD DKI Jakarta mencantumkan beberapa wilayah di Ibu Kota yang rentan terjadi longsor saat curah hujan di atas normal.

Susunan wilayah ini berdasarkan peta zona kerentanan gerakan tanah dengan peta prakiraan curah hujan bulanan dari data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Baca Juga: BMKG: Peringatan Dini Cuaca Ekstrem di Jakarta dan Jawa Timur, Jawa Barat

Pihak BPBD DKI Jakarta menekankan pentingnya mewaspadai potensi bencana alam ini dan meminta masyarakat untuk mengambil tindakan pencegahan yang tepat.


Potensi longsor pada musim hujan memang merupakan ancaman yang serius, terutama bagi daerah-daerah yang memiliki kemiringan tanah yang cukup curam.

Berikut informasi dari PVMBG (Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi) terkait beberapa daerah di Provinsi DKI Jakarta berada di zona menengah potensi longsor.

Baca Juga: BMKG Sebut ada 30 Sesar Aktif di Sulawesi Tengah, Masyarakat Diminta Waspada!

Jakarta Selatan 

  • Wilayah Kecamatan Cilandak, Jagakarsa, Kebayoran Baru, Kebayoran Lama, Mampang Prapatan, Pancoran, Pasar Minggu, dan Pesanggrahan.

Jakarta Timur

  • Wilayah Kramatjati, dan Pasar Rebo.

"Pada Zona Menengah dapat terjadi gerakan tanah jika curah hujan di atas normal, terutama pada daerah yang berbatasan dengan lembah sungai, gawir, tebing jalan atau jika lereng mengalami gangguan," tulis BPBD DKI Jakarta.

Oleh karena itu, penting bagi masyarakat untuk memperhatikan informasi dan peringatan dari pihak BPBD maupun instansi terkait lainnya.

Baca Juga: Cuaca Ekstrem Akibatkan Longsor Dan Pohon Tumbang Di Sukabumi

Selain itu, BPBD DKI Jakarta juga menyarankan agar masyarakat mengurangi kegiatan yang dapat mempercepat terjadinya erosi dan menghindari melakukan aktivitas di dekat daerah-daerah yang rentan terjadi longsor.

"Untuk itu, kepada Lurah, Camat, dan masyarakat diimbau untuk tetap mengantisipasi adanya potensi gerakan tanah pada saat curah hujan di atas normal," sebut BPBD.
 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x