Kompas TV olahraga sepak bola

Piala Asia U20 2023: Indonesia Kalah dari Irak, Shin Tae-yong Soroti Lemahnya Penyelesaian Akhir

Kompas.tv - 2 Maret 2023, 04:30 WIB
piala-asia-u20-2023-indonesia-kalah-dari-irak-shin-tae-yong-soroti-lemahnya-penyelesaian-akhir
Pelatih Timnas U20 Indonesia, Shin Tae-yong. (Sumber: PSSI)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

TASHKENT, KOMPAS.TV - Shin Tae-yong kembali menyoroti lemahnya penyelesaian lini serang Timnas U20 Indonesia ketika takluk 0-2 dari Irak dalam laga perdana Grup A Piala Asia U20 2023 yang digelar di Stadion Lokomotiv, Tashkent, Uzbekistan, Rabu (1/3/2023). 

"Pada pertandingan ini memang kami tidak bisa mencetak satu pun gol meski kami banyak mendapatkan peluang. Ini yang harus kami tingkatkan," kata Shin Tae-yong seusai pertandingan, dikutip dari BolaSport

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Timnas U20 Indonesia harus menelan kekalahan 0-2 atas Irak. 

Gol dari Hayder Abdulkareem dan Mohammed Jameel berhasil membuat tim asal Teluk Arab itu meraih poin penuh. 

Dalam laga tersebut, Timnas U20 Indonesia sebenarnya mendapat keuntungan saat tim asuhan Emad Mohammed harus bermain dengan 10 pemain usai Charbeel Awni Shamoon diganjar kartu merah karena melanggar Arkhan Fikri. 

Sayangnya, keunggulan jumlah pemain itu tak bisa dimanfaatkan para pemain Garuda Nusantara untuk mencetak gol. 

Selain penyelesaian akhir, Shin Tae-yong juga mengeluhkan kontribusi yang diberikan para pemain pengganti. 

Baca Juga: Hasil Timnas U20 Indonesia vs Irak: Gagal Manfaatkan Keunggulan Jumlah Pemain, Garuda Takluk 0-2

Menurut pelatih asal Korea Selatan itu, para pemain yang masuk sebagai pengganti tidak bisa menampilkan performa yang diharapkan. 

"Pada babak kedua, kami perlu mengembangkan permainan dengan mengubah strategi dan merotasi pemain," lanjut Shin Tae-yong. 

"Hanya saja ada perbedaan perfoma antara pemain utama dan pemain pengganti di lapangan. Ini juga harus kami evaluasi," ujarnya. 

Shin Tae-yong menambahkan, permainan Timnas U20 Indonesia sebenarnya cukup bagus di babak pertama. Tapi dia tidak mengerti kenapa fokus permainan Muhammad Ferrari dkk justru menurun di babak kedua. 

Mantan pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu enggan menjadikan cuaca dingin sebagai alasan, karena menurutnya, para pemain sudah beradaptasi selama di Uzbekistan. 

"Saya pikir kami bermain baik di babak pertama, tapi saya tidak mengerti kenapa kami tidak bisa melakukannya di babak kedua," tuturnya.

"Faktor cuaca bukan alasan kami menelan kekalahan ini, tetapi para pemain kehilangan fokus selama pertandingan," pungkas Shin Tae-yong. 

Dengan kekalahan dari Irak di laga perdana, Indonesia diwajibkan menang saat melawan Suriah pada Sabtu (4/3/2023) jika ingin membuka peluang untuk lolos ke babak selanjutnya di Piala Asia U20 2023. 

Baca Juga: Piala Asia U20 2023: Vietnam Perkasa Atasi Australia, Indonesia Tumbang dari Irak


 

 



Sumber : BolaSport

BERITA LAINNYA



Close Ads x