Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Perayaan 35 Tahun, NOVA Terus Berkomitmen Tingkatkan Literasi Keuangan Perempuan

Kompas.tv - 27 Februari 2023, 17:51 WIB
perayaan-35-tahun-nova-terus-berkomitmen-tingkatkan-literasi-keuangan-perempuan
Komitmen NOVA untuk Terus Tingkatkan Literasi Keuangan Perempuan dalam rangka 35 Tahun NOVA. (Sumber: NOVA)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Eddward S Kennedy

JAKARTA, KOMPAS.TV - Media terpercaya di Indonesia yang hadir sebagai sahabat dan pemandu untuk perempuan Indonesia sejak 1988, NOVA, telah berusia 35 tahun pada 25 Februari 2023.

NOVA terus hadir di berbagai medium digital dengan 3 pilar utamanya: relationship, keuangan, dan kesehatan dalam tahun ini.

Sebagai bagian dari Grid Network, Kompas Gramedia, NOVA selalu berusaha menginspirasi perempuan Indonesia untuk berani dan mandiri.

Hal ini diwujudkan dengan selalu memberikan informasi yang relevan dengan permasalahan audiensnya dari waktu ke waktu, khususnya seputar keuangan.

Hal ini didukung oleh survei audience NOVA pada tahun 2022. Diketahui bahwa 87% responden yang mengelola keuangan di keluarga adalah istri atau ibu, dan sebesar 54% belum pernah investasi melalui platform digital.

Sebanyak 7 dari 10 perempuan sudah memiliki usaha, dan perangkat seperti m-banking mampu membantu bisnisnya. Responden yang belum memiliki produk keuangan digital tersebut mengaku mereka masih mempelajari dan masih kurang percaya jika tidak pergi langsung ke bank atau memiliki buku tabungan.

Bila diteruskan ke area investasi, sebesar 57% mengaku belum familiar dengan investasi digital, dan tidak mengetahui jenis investasi dan belum menggunakan aplikasi investasi digital.

Kurangnya pemahaman terhadap kemudahan yang ditawarkan produk digital keuangan bisa membuat perempuan Indonesia tidak tajam dan tepat dalam pengambilan keputusan; sehingga merugikan dirinya dan keluarga.

Ini sejalan dengan data SNLIK OJK 2022 yang menggambarkan tingkat literasi keuangan perempuan yang masih rendah dibandingkan tingkat inklusinya, yaitu sebesar 33,55%.


Sejak 2020, NOVA sudah mengusung kampanye Pintar Atur Uang yang bertujuan untuk meningkatkan dan menguatkan literasi keuangan perempuan Indonesia.

Dimulai dengan perencanaan keuangan keluarga terkait tabungan dan proteksi, hingga ide bisnis dan pengelolaan usaha.

Tahun 2023 ini, di tengah resesi global dan badai pemutusan hubungan kerja, peran perempuan dalam memastikan kesejahteraan keluarganya semakin penting.

NOVA menguatkan semangat Pintar Atur Uang dengan fokus pada pemahaman dan pemanfaatan teknologi keuangan. Bukan hanya seputar mobile banking atau bank digital, tapi produk-produk keuangan digital lain yang tepat untuk kebutuhan dan kemampuan diri dan keluarga.

Untuk usaha rumahannya, kebutuhan sehari-hari, biaya sekolah anak, dana darurat, proteksi, hingga tips dan trik investasi digital.

“Teknologi itu memudahkan, jadi sewajarnya kita manfaatkan semaksimal mungkin. Tapi agar sejahtera, pemahaman harus dibangun,” ungkap Editor in Chief NOVA, Indira Saraswaty.

“Edukasi keuangan untuk perempuan bukanlah pekerjaan semalam. NOVA terus ingin menjadi sahabat dalam menghadapi masa-masa sulit yang penuh ketidakpastian ini. Bukan dalam hal pengelolaan keuangan keluarga saja, tapi upaya untuk membuat ekonomi keluarga terus berdaya dan mampu beradaptasi,” tuturnya.

Sebagai bagian dari perayaan HUT ke-35 dan kampanye Pintar Atur Uang, NOVA membuat berbagai kegiatan edukatif, sekaligus mengajak perempuan Indonesia untuk aktif menjadi agen perubahan.

Tidak hanya sampai level keluarga, tapi masyarakat dan negeri. Beberapa program online dan of line yang akan dijalankan berupa talkshow dengan ahli keuangan seperti Caping (Cakap Penting), berbagi cerita dan pengalaman dengan para pelakon usaha perempuan (Kukis - Kumpulan Kisah Inspiratif Bisnis), dan aktivitas digital bersama komunitas Sahabat NOVA.

Simak terus informasi keseruan berbagai program NOVA tahun 2023 di berbagai platform media sosial NOVA, yaitu Instagram dan TikTok @tabloidnovaofficial, Youtube NOVA, Twitter @officialnova_id, Facebook @NOVA.id dan website www.nova.id.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x