Kompas TV regional berita daerah

Dari Hobi, Bisnis Miniatur Bus Raup Untung Belasan Juta Rupiah

Kompas.tv - 27 Februari 2023, 15:53 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SUKOHARJO, KOMPAS.TV - Memiliki minat dan hobi bisa mengubah nasib malang menjadi menang. Tak disangka, seorang penggemar kendaraan bus bisa mendapat omzet belasan juta rupiah per bulan, dengan membuat dan menjual miniatur bus-bus buatannya.

Elyas Sakunjak, pemuda asal Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, memang menggemari bus-bus pariwisata. Kegemarannya ini juga ia tuangkan dengan membuat berbagai miniatur bus dengan hasil yang mengagumkan.

Berawal dari terkena PHK karena dampak dari pandemi Covid-19, Elyas mencoba mengembangkan kecintaannya terhadap bus dengan membuat miniatur bus.

“Saya kan hobinya bus, truk dan kendaraan berat lain. Tapi lebih suka busnya. Jadi saya buat miniatur bus,”ujar Elyas.

Awalnya, Elyas hanya membuat miniatur bus untuk dirinya sendiri. Namun, ternyata hasilnya diapresiasi oleh banyak orang, termasuk komunitas pecinta bus Tanah Air.

“Waktu pembuatan satu unit bus itu dua sampai tiga hari,”kata Elyas.

Buah tangannya ini akhirnya menjadi bisnis yang menjanjikan. Setiap miniatur bus yang dibuatnya, minimal dibanderol Rp 300.000. Setiap bulannya, rata-rata Elyas bisa mendapatkan pesanan hingga 30 unit yang dipesan dari berbagai daerah, bahkan juga dari luar negeri.

“Miniatur bus harganya paling murah Rp 300.000, paling mahal Rp 800.000. dikirim ke seluruh Indonesia, seperti Aceh, Padang, Palembang, Jambi. Tapi banyaknya Pulau Jawa. Kalau luar negeri ada satu yaitu Malaysia,”ucap Elyas.

Selain kepada teman-teman sesama penghobi bus, Elyas juga memasarkan hasil karyanya secara daring melalui media sosial dan juga pasar digital. Apa yang dilakukan Elyas, tentunya menjadi contoh bagi kita untuk tidak patah arang dalam menghadapi nasib.

#miniaturbus #sukoharjo #bisnis



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.