Kompas TV nasional kesehatan

Hujan Berhari-hari hingga Banjir, Waspada 5 Penyakit yang Mengintai dan Cara Mencegahnya

Kompas.tv - 27 Februari 2023, 12:00 WIB
hujan-berhari-hari-hingga-banjir-waspada-5-penyakit-yang-mengintai-dan-cara-mencegahnya
Ilustrasi penyakit yang mengintai di musim hujan (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Dian Nita | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Beberapa pekan terakhir, sejumlah wilayah Indonesia dilanda cuaca ekstrem berupa hujan berhari-hari, bahkan disertai petir dan angin kencang.

Curah hujan tinggi di beberapa daerah juga menyebabkan genangan banjir, terutama bagi yang berada di sekitar bantaran sungai.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Denpasar, Ida Bagus Joni, mengatakan  musim hujan masih belum berakhir pada bulan Februari 2023.

"Untuk tetap waspada karena musim hujan belum berakhir meskipun sudah menurun intensitasnya,” ucap Ida Bagus Joni, Jumat (24/2/2023), dikutip dari Tribun Bali.

Tidak hanya banjir, di puncak musim hujan warga juga harus waspada terhadap penyakit yang mungkin mengintai akibat genangan dan suhu yang lembab.

Dengan mengetahui apa saja penyakit yang biasa terjadi saat musim hujan, upaya pencegahan dapat segera dilakukan secara cepat dan tepat.

Baca Juga: Banjir Jakarta Hari Ini Meluas hingga 48 RT, Paling Parah di Cawang Jaktim

Berikut penyakit yang muncul di musim hujan, melansir kemkes.go.id.

1.   Influenza

Influenza adalah penyakit pernapasan menular yang disebabkan oleh virus yang menyebar datu cairan tubuh seperti ingus ataupun air liur.

Gejalanya yaitu rasa tidak enak badan, demam, rasa pegal linu, lemas, lesu, bersin-bersin dan terasa nyeri di otot-otot dan sendi.


 

Cara mencegahnya dengan olahraga dan istirahat yang cukup, memperbanyak konsumsi buah dan sayur, mencuci tangan dan memakai masker saat flu.

2.   Demam Berdarah



Sumber : Kompas TV, Kemkes.go.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x