Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Selis Akan Bikin Motor Listrik dengan Jarak Tempuh 180 Kilometer, Ini Detailnya

Kompas.tv - 27 Februari 2023, 08:25 WIB
selis-akan-bikin-motor-listrik-dengan-jarak-tempuh-180-kilometer-ini-detailnya
Produsen motor listrik Selis akan membuat produk baru yang bisa menempuh jarak hingga 180 kilometer. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Produsen motor listrik Selis akan membuat produk baru yang bisa menempuh jarak hingga 180 kilometer. 

Produksi akan dilakukan oleh PT Juara Bike (JB), anak usaha PT Gaya Abadi Sempurna Tbk (SLIS) sebagai produsen kendaraan listrik roda dua dan tiga dengan  merek Selis.

Direktur Utama SLIS Edi Hanafiah Kwanto mengatakan, pihaknya membuat terobosan dengan memproduksi motor listrik berjarak tempuh 180 km, karena rata-rata kendaraan roda dua berbasis listrik hanya mampu menempuh jarak sekitar 100 km.

Pihak SLIS pun sudah meneken kerja sama dengan perusahaan penyedia baterai industri PT Sentramitra Dayautama yang dilakukan pada Indonesia International Motor Show (IMS) 2023, di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (25/2/2023). 

Baca Juga: Jajal Motor-Motor Listrik yang Dipamerkan di IIMS 2023

"Kerjasama ini dilakukan sebagai wujud komitmen kami untuk ikut mendorong terlaksananya Indonesia menuju zero emission (nol emisi)," kata Edi seperti dikutip dari Antara, ditulis Senin (27/2/2023). 

Sentramitra Dayautama mengembangkan baterai lithium dengan kapasitas 60V 75AH. Tipe baterai ini merupakan tipe unggulan yang memiliki keamanan tinggi dan ketahanan baterai lebih lama.

Dengan baterai yang lebih tahan lama, motor listrik bisa menempuh jarak yang lebih jauh. Edi menyebut, motor listrik Selis yang baru ini nantinya akan bisa digunakan perusahaan logistik hingga ojek daring. 


 

Begitu juga untuk masyarakat dengan mobilitas tinggi yang menempuh jarak jauh, tidak perlu was-was ketika ingin memilih motor listrik.

Baca Juga: Subsidi Rp7 Juta Motor Listrik Diberikan Maret 2023, untuk Mobil Bentuknya Pengurangan Pajak

"Dengan jarak tempuh sejauh ini, kami akan berpotensi mengincar pasar yang lebih luas yang belum pernah didapat oleh perusahaan motor listrik lainnya," ujar Direktur Operasional PT Gaya Abadi Sempurna Wilson Teoh pada kesempatan yang sama. 

Dalam pengembangan teknologi baterai lithium, Sentramitra juga fokus mendukung Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dengan memproduksi keseluruhan modul baterai lithium tersebut di dalam negeri.

Sebelumnya pada 16 Februari lalu, Selis meluncurkan motor listrik Selis GO Plus yang mampu menempuh jarak 140 km dengan dua baterai Lithium lon dan menggunakan motor yang kuat sebesar 2.000 Watt.

Kini, pihak Selis menyebut akan mengembangkan kembali kapasitas baterai yang mampu menempuh hingga 180 km.



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.