Kompas TV nasional peristiwa

Bendung Katulampa Berstatus Siaga 3, Awas Jakarta Banjir!

Kompas.tv - 27 Februari 2023, 01:00 WIB
bendung-katulampa-berstatus-siaga-3-awas-jakarta-banjir
Debit air Sungai Ciliwung di Posko Bendung Katulampa naik menjadi Siaga 3 setelah wilayah Bogor diguyur hujan deras, Kamis (28/10/2021). (Sumber: Istimewa via TribunNewsBogor.com)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Hariyanto Kurniawan

BOGOR, KOMPAS.TV - Bendung Katulampa pada malam ini berstatus siaga 3. Hal ini dikarenakan Tinggi Muka Air (TMA) di Bendung Katulampa mengalami kenaikan. 

Petugas Bendung Katulampa melaporkan TMA mencapai 110 cm pada Minggu (26/2) pukul 22.22 WIB.

Kepala Petugas jaga Bendung Katulampa Andi Sudirman, Minggu malam, mengatakan hujan sedang di kawasan Puncak Bogor, berdampak menaikkan TMA di Bendung Katulampa malam ini.

"Hujan merata di wilayah Bogor. Puncak sebagai hulu Ciliwung menyumbang debit air cukup tinggi malam ini," kata Andi, Minggu (26/2/2023), dikutip dari Antara.

Andi juga menyampaikan hingga malam ini kawasan Puncak masih gerimis. Debit air dari Bogor menuju Jakarta diperkirakan dini hari nanti menjelang pagi.

Baca Juga: Jalur Sukabumi-Bogor Longsor, Polisi Berlakukan Sistem Buka-Tutup

Menurut Andi, kemungkinan TMA kembali menurun bisa saja terjadi cepat atau lambat tergantung hujan yang terjadi di Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor.

"Naik turun debit tergantung datangnya dari Puncak. Sebaiknya warga Jakarta tetap siaga banjir," ujarnya lagi.

Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan sedang hingga lebat di Jawa Barat terjadi di luar wilayah Bogor. Namun demikian, hujan gerimis dikombinasi sedang di wilayah Puncak Bogor membuat tinggi muka air di Bendung Katulampa meningkat.

Pantauan kondisi hujan di Kota Bogor dalam beberapa hari ini gerimis seharian, selang-seling pagi hingga malam.

Baca Juga: Resmikan Bendungan Tamblang di Buleleng, Jokowi Sempatkan Selfie Bersama Sejumlah Siswa


 



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x