Kompas TV tekno games

Game Konsol Buatan Indonesia Kembali Betot Pujian Dunia, Kali Ini Adalah A Space for the Unbound

Kompas.tv - 25 Februari 2023, 19:56 WIB
game-konsol-buatan-indonesia-kembali-betot-pujian-dunia-kali-ini-adalah-a-space-for-the-unbound
Game Konsol A Space For The Unbound dari Indonesia mendapatkan penilaian dan pujian tinggi dari komunitas game dunia dan memperkenalkan keseharian dan budaya Indonesia kepada dunia. The Guardian memberikan nilai sempurna dan akhir 2022 dapat penghargaan The Future Division oleh Asosiasi Hiburan Komputer Jepang. (Sumber: Mojiken Studio/Toge Productions)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tempat terakhir yang diharapkan Warji Utama, warga Indonesia, melihat gerobak mi bakso, adalah dalam video game atau game konsol.

Semakin Warji memainkan game petualangan A Space For The Unbound, semakin dia diingatkan akan rumahnya, dengan referensi lokal seperti Indomie, merek mi instan, dan rujak.

"Semua ini adalah hal-hal yang saya lihat di mana-mana di rumah. Game ini sangat baik dan menyenangkan sehingga saya tidak bisa meletakkannya sampai saya menyelesaikannya," kata Warji seperti laporan Straits Times, Sabtu (25/2/2023).

Dia tidak sendirian dalam memuji game konsol ini, yang dibuat oleh Mojiken Studio yang berbasis di Surabaya. Harganya USD18,50 dan bisa dimainkan di konsol game dan komputer pribadi (PC). Setelah dirilis pada Januari bulan lalu, game ini mencuri perhatian dunia, dengan para kritikus memuji kisah yang tulus dan grafis piksel yang sangat bernuansa nostalgia.

A Space For The Unbound adalah yang terbaru dari gelombang game dari Indonesia yang mendapatkan penilaian dan pujian tinggi dari komunitas game dunia dan memperkenalkan keseharian dan budaya Indonesia kepada dunia.

Game ini, yang berlatar belakang di sebuah kota pedesaan Indonesia tahun 1990-an, dirancang untuk menangkap gambaran tentang Surabaya, kata CEO Mojiken Eka Pramudita.

Selain makanan, para gamer lokal dan yang akrab dengan Indonesia juga menunjukkan referensi lain seperti lokasi ikonik di Surabaya, gaya hidup karakter di kota kecil, dan film yang mereka hargai.

"Intensi pertama kami adalah membuat kapsul waktu tentang kota kami, lingkungan kami dan orang-orangnya, beserta semua rutinitas sehari-hari mereka. Kami juga ingin membuatnya otentik, dapat dihubungkan, dan dapat dipercaya. Jadi sangat alami bagi kami untuk menggambarkan budaya sesepuh kami seautentik mungkin," kata Pramudita.

Baca Juga: Hebat! Mahasiswa di Semarang Ciptakan Game Simulator Sepeda Virtual Reality

Game Konsol A Space For The Unbound dari Indonesia mendapatkan penilaian dan pujian tinggi dari komunitas game dunia dan memperkenalkan keseharian dan budaya Indonesia kepada dunia. The Guardian memberikan nilai sempurna dan akhir 2022 dapat penghargaan The Future Division oleh Asosiasi Hiburan Komputer Jepang. (Sumber: Straits Times)

Tetapi fokus juga adalah menciptakan produk berkualitas, yang menurut para kritikus berhasil dicapai oleh Mojiken. Harian Inggris The Guardian memberikan nilai sempurna pada game ini, dan akhir 2022 game ini dapat penghargaan The Future Division oleh Asosiasi Hiburan Komputer Jepang. Penghargaan bergengsi ini mengakui keunggulan dalam game yang akan datang.

Game lain yang menarik perhatian adalah Coffee Talk tahun 2020, oleh pengembang Toge Productions. Game ini, yang dijual seharga USD13 di pasar game online Steam, dapat dimainkan di konsol game serta di PC dan Mac OS Apple.

Simulator kafe, di mana pemain melayani minuman dan berpartisipasi dalam percakapan, memiliki lebih dari 6.500 ulasan positif di Steam dan penggemar online yang besar. Media berita industri kelas atas seperti Kotaku dan IGN juga memberikan ulasan bagus.

Toge Productions juga adalah penerbit dari A Space For The Unbound, dan CEO-nya, Kris Antoni, mengatakan kesuksesan judul-judul ini menunjukkan game berkualitas dapat muncul dari Indonesia dan kawasan sekitarnya.



Sumber : Straits Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x