Kompas TV nasional peristiwa

Rafael Alun Trisambodo Mundur sebagai ASN Ditjen Pajak, Kemenkeu: Kami akan Teliti Dulu

Kompas.tv - 24 Februari 2023, 20:54 WIB
rafael-alun-trisambodo-mundur-sebagai-asn-ditjen-pajak-kemenkeu-kami-akan-teliti-dulu
Pejabat Eselon III Kabag Umum Kanwil Ditjen Pajak Jakarta Selatan II Rafael Alun Trisambodo. (Sumber: Tangkap Layar Video Permintaan Maaf Rafael Alun Trisambodo)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pihak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan meneliti lebih dahulu mengenai pengunduran diri Rafael Alun Trisambodo sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak.

Rafael menyampaikan pengunduran dirinya melalui surat terbuka, Jumat (24/2/2023).

Staf Khusus Kemenkeu Bidang Komunikasi Publik Yustinus Prastowo mengatakan, pihaknya sudah menerima surat terbuka pengunduran diri Rafael sebagai ASN Ditjen Pajak. 

"Benar, kami juga sudah menerima surat yang sama dari Pak Rafael Alun dan secara resmi belum disampaikan ke Kementerian Keuangan karena melalui WhatsApp. Kami akan meneliti terlebih dahulu sebelum menindaklanjuti," kata Prastowo dalam Kompas Petang Kompas TV, Jumat. 

"Akan dilakukan penelitian terhadap hal dan kewajiban yang bersangkutan termasuk kaitan dengan proses pemeriksaan yang sedang berlangsung saat ini," imbuhnya. 

Prastowo menambahkan, pihak Kemenkeu menghormati pengunduran diri Rafael. Namun, ia mengatakan Kemenkeu berkomitmen untuk tetap menuntaskan pemeriksaan terhadap yang bersangkutan. 

"Pada prinsipnya, kami menghormati permohonan pengunduran diri tersebut tapi sekaligus kami ingin menjaga agar pemeriksaan dapat dituntaskan sehingga kita betul-betul dapat mengetahui secara benar apa yang terjadi agar bisa mengambil keputusan yang tepat sesuai aturan," jelasnya. 

Baca Juga: Beredar Surat Terbuka Rafael Alun Ayah Mario Dandy Mundur dari ASN Ditjen Pajak Kemenkeu

Seperti diketahui, Rafael Alun Trisambodo merilis surat terbuka yang menyatakan pengunduran diri sebagai ASN Ditjen Pajak. 

Dalam suratnya itu, Rafael mundur dari ASN terhitung mulai hari ini, Jumat 24 Februari 2023.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x