Kompas TV nasional update

Kronologi Kerusuhan di Wamena Papua Pegunungan: dari Hoaks Penculikan Anak hingga 9 Orang Tewas

Kompas.tv - 24 Februari 2023, 05:31 WIB
kronologi-kerusuhan-di-wamena-papua-pegunungan-dari-hoaks-penculikan-anak-hingga-9-orang-tewas
Aparat Brimob melakukan pengamanan untuk mencegah aksi massa yang terpengaruh isu hoaks tentang penculikan anak di Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya, Papua Pegunungan, Kamis (23/2/2023). (Sumber: Kompas.id)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Gading Persada

JAYAPURA, KOMPAS.TV - Berawal dari hoaks penculikan anak, kerusuhan yang terjadi di Kampung Sapalek, Jalan Trans Irian, Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua Pegunungan telah menyebabkan sembilan orang meninggal dunia, Kamis (23/2/2023).

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo menerangkan, kerusuhan yang melibatkan warga dengan aparat keamanan dipicu dari adanya isu penculikan anak di sekitar Kampung Sapalek pada Kamis siang sekitar pukul 12.30 WIT.

Ia mengatakan, saat itu ada sekelompok warga yang menghentikan seorang pengendara mobil dari Kampung Yomaima yang melintasi daerah tersebut. 

Warga mencurigai pengendara mobil itu sebagai bagian dari komplotan penculikan anak yang isunya tersebar di tengah masyarakat.

Kapolres Jayawijaya AKBP Hesman Napitupulu bersama jajarannya lantas mendatangi lokasi tersebut untuk menghentikan aksi main hakim warga atas sopir mobil tersebut. 

Akan tetapi, warga yang jumlahnya terus bertambah banyak tidak menerima imbauan personel kepolisian itu dan justru menyerang petugas menggunakan batu serta panah.

Baca Juga: 9 Warga Tewas dalam Kerusuhan di Wamena, Imbas Isu Penculikan Anak

Aparat yang diserang warga pun mendapatkan bantuan personel Brimob dan Kodim 1702/Jayawijaya. Mereka melepaskan tembakan peringatan untuk membubarkan aksi massa. 

Tak hanya menyerang aparat keamanan, massa juga membakar sejumlah kios milik warga di sekitar lokasi kejadian.

”Pascakejadian diketahui terdapat sembilan warga tewas dan enam warga luka-luka. Saat ini seluruh korban telah dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah Wamena,” kata Ignatius, Kamis (23/2/2023) dilansir dari Kompas.id.

Ia juga menyatakan, Polda Papua bersama Polres Jayawijaya akan mengusut pihak-pihak penyebar isu penculikan anak dan provokasi yang memicu bentrok antara aparat keamanan dengan warga tersebut. 

Polda Papua juga akan menggali penyebab jatuhnya korban dalam peristiwa ini.

”Situasi di Wamena saat ini masih rawan, tapi tetap terkendali. Seluruh aparat TNI dan Polri masih bersiaga serta berpatroli di seluruh wilayah Wamena,” ungkap Ignatius.

Baca Juga: Terprovokasi Isu Penculikan Anak, Massa Bakar Rumah dan Kios Milik Warga di Wamena!

Di sisi lain, Wakil Bupati Jayawijaya Marthin Yogobi mengimbau warga supaya tidak memicu kericuhan meluas di wilayah Jayawijaya. 

Ia pun meminta warga agar tak mudah terpengaruh dengan isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

”Pemda Jayawijaya bersinergi dengan TNI-Polri dan seluruh elemen masyarakat akan bergandengan tangan untuk menyelesaikan masalah ini. Marilah semua masyarakat Jayawijaya menjaga wilayah ini tetap kondusif,” jelas Marthin.


 



Sumber : Kompas.id

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.