Kompas TV internasional kompas dunia

Ternyata Mayoritas Warga Amerika Serikat Khawatir Meningkatnya Pengaruh Global China, Ada Apa?

Kompas.tv - 24 Februari 2023, 05:12 WIB
ternyata-mayoritas-warga-amerika-serikat-khawatir-meningkatnya-pengaruh-global-china-ada-apa
Presiden China Xi Jinping (kiri) dan Presiden Amerika Serikat Joe Biden (kanan) berjabat tangan dalam pertemuan mereka di sela-sela KTT G20 di Bali, Indonesia, Senin (14/11/2022). Sekitar 6 dari 10 orang di Amerika Serikat mengatakan mereka sangat prihatin tentang China, ekonomi terbesar kedua di dunia setelah Amerika Serikat. (Sumber: The Associated Press)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Gading Persada

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Sebuah jajak pendapat terbaru menunjukkan hanya 40% orang dewasa di Amerika Serikat (AS) yang menyetujui cara Presiden Joe Biden menangani hubungan dengan China, dengan mayoritas khawatir tentang pengaruh Beijing ketika Gedung Putih menemukan agenda yang semakin dibentuk oleh rivalitas global.

Menurut survei The Associated Press-NORC Center for Public Affairs Research, sekitar 6 dari 10 orang di AS mengatakan mereka sangat prihatin tentang China, ekonomi terbesar kedua di dunia setelah Negeri Paman Sam tersebut. 

Biden menggambarkan program domestiknya tentang infrastruktur dan pengembangan chip komputer sebagai bagian dari persaingan yang lebih luas dengan China, dengan alasan bahwa masa depan taruhannya.

Ketegangan dengan China semakin meningkat setelah pejabat pemerintah menemukan dan menembak jatuh balon mata-mata China dua minggu yang lalu.

Pemerintahan Biden telah mempertahankan tarif impor dari China dan membatasi penjualan chip komputer canggih ke negara tersebut, yang membuat pejabat China marah karena ingin mempercepat pertumbuhan ekonomi.

Ada kekhawatiran tambahan tentang apakah China akan memberikan dukungan militer bagi perang Rusia di Ukraina. Saat perang mendekati satu tahun, jajak pendapat menunjukkan kekhawatiran serius tentang ancaman Rusia terhadap Amerika Serikat telah menurun.

Kekhawatiran tentang China sekarang melampaui Rusia; tahun lalu, persentase yang sama menyebut dua negara tersebut sebagai ancaman.

Biden mencoba membingkai hubungan dengan China sebagai persaingan dengan batasan, bukan sebagai benturan geopolitik yang lebih besar.

"Kami mencari persaingan, bukan konflik, dengan China," kata Biden pekan lalu.

"Kami tidak mencari Perang Dingin baru. Kami akan mengelola persaingan itu dengan bertanggung jawab sehingga tidak melenceng ke konflik."

Dukungan atas kebijakan luar negeri Biden, menurut hasil jajak pendapat, kurang lebih sejalan dengan pandangan publik tentang masa jabatannya secara umum, mungkin tanda bahwa agenda Biden tidak disorot peserta jajak pendapati sebagai komponen individual tetapi sebagai persepsi yang lebih besar tentang presiden itu sendiri.

Jajak pendapat menunjukkan 45% dari orang dewasa AS menyetujui kinerja Biden secara keseluruhan, sementara 54% tidak menyetujui.

Hal itu serupa dengan pandangan tentang Biden dalam beberapa bulan terakhir. Empat puluh satu persen memuji presiden pada akhir Januari dan 43% pada Desember.

Kekhawatiran tentang pengaruh global China sebagai ancaman bagi AS serupa dengan tahun lalu tetapi tumbuh secara bertahap dalam beberapa tahun terakhir dari 54% segera setelah Biden menjabat dan 48% pada Januari 2020.

Baca Juga: Jelang Setahun Invasi di Ukraina, Putin: Hubungan Rusia-China Penting untuk Stabilitas Internasional

Warga berjalan di pusat pertokoan Delaware, Amerika Serikat. Inflasi di Amerika Serikat melonjak 8,6 persen bulan Mei dari 12 bulan sebelumnya, lebih cepat dari lonjakan tahun-ke-tahun bulan April sebesar 8,3 persen (Sumber: AP Photo)

Melvin Dunlap, 68 tahun, mengatakan Biden perlu berhati-hati dengan China, mengingat ketergantungan AS pada manufaktur China. Penduduk Peyton, Colorado, ini mengatakan dia percaya Biden "

"Kamu berjalan dengan hati-hati," kata Dunlap, mantan petugas penegak hukum.

"Tunjukkan kekuatan, bukan kelemahan."

Sedikit orang dewasa yang merasa waspada terhadap Rusia dibandingkan setelah invasi militer mereka di Ukraina tahun lalu. Sekarang, 53% mengatakan mereka sangat khawatir tentang Rusia, turun dari 64% pada Maret 2022.



Sumber : Kompas TV/Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x