Kompas TV nasional hukum

Tanggapi Kekhawatiran soal Keselamatan Eliezer, Mantan Kabareskrim: Kapolri Sangat Komitmen

Kompas.tv - 23 Februari 2023, 06:00 WIB
tanggapi-kekhawatiran-soal-keselamatan-eliezer-mantan-kabareskrim-kapolri-sangat-komitmen
Ito Sumardi dalam Satu meja The Forum, Rabu (22/2/2023) menanggapi kekhawatiran sebagian orang terhadap keselamatan Richard Eliezer jika kembali bertugas di kepolisian.(Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Mantan Kabareskrim Polri Komjen Pol (Purn) Ito Sumardi menanggapi kekhawatiran sebagian orang terhadap keselamatan Richard Eliezer jika kembali bertugas di kepolisian.

Dalam Satu Meja The Forum, Kompas TV, Rabu (22/2/2023), Ito mengatakan, sebagai pensiunan Polri, dirinya sangat paham bahwa organisasi Polri akan melindungi keputusan yang sifatnya mutlak.

“Saya kan mantan anggota Polri, 35 tahun saya berdinas, itu namanya kalau sudah keputusan yang sifatnya adalah tetap, mutlak, organisasi akan melindungi,” tuturnya.

Saat ditanya mengenai kemungkinan adanya loyalis yang masih setia pada Ferdy Sambo dan sakit hati terhadap Richard Eliezer, Ito mengatakan itu belum tentu ada.

Baca Juga: 9 Poin Pertimbangan Polri Pertahankan Richard Eliezer Jadi Anggota

“Belum tentu juga. Saya tidak yakin. Misalnya saya dengan Pak Benny (Mamoto) satu angkatan di Akabri, kalau Pak Benny salah masa saya mau simpati sama Pak Benny, enggak juga.”

Namun, ia juga tidak sepakat ketika disebut bahwa kekhawatiran terhadap keselamatan Richard merupakan sesuatu yang tidak beralasan.

“Bukan tidak beralasan, itu bisa saja terjadi, hanya bagaimanapun juga tanggung jawab dari institusi. Apalagi ada LPSK, ada undang-undang yang melindungi. Tentunya ini juga menjadi perhatian bapak Kapolri.”

Menurut Ito, Kapolri saat ini merupakan sosok yang sangat komitmen, sehingga jika ia sudah memerintahkan untuk mengamankan, lalat pun tidak akan mengganggu.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.