Kompas TV nasional peristiwa

Viral Tandu Penyelamatan Kapolda Jambi Berputar Kencang di Udara, Ini Cerita Kopda Ahmad Nofrizal

Kompas.tv - 22 Februari 2023, 07:39 WIB
viral-tandu-penyelamatan-kapolda-jambi-berputar-kencang-di-udara-ini-cerita-kopda-ahmad-nofrizal
Aksi Kopda Ahmad Nofrizal ketika menyelamatkan Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono yang mendarat darurat di Kerinci, Jambi. (Sumber: Istimewa)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Desy Afrianti

JAMBI, KOMPAS.TV - Rombongan Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono berhasil diselematkan Selasa (21/2/2023) sore. Evakuasi berhasil dilakukan usai beberapa kali terkendala akibat cuaca buruk.

Video evakuasi rombongan Kapolda Jambi yang menunjukkan detik-detik penyelamatan korban viral di media sosial. Salah satu video menampilkan tandu yang ditarik ke kabin helikopter sempat berputar-putar di udara akibat tiupan angin.

Sosok salah satu penyelamat tersebut adalah anggota TNI Kopral Dua (Kopda) Ahmad Nofrizal. Kopda Ahmad bergelantungan, memegang erat Kapolda Jambi yang berada di tandu dengan keadaan berputar.

Baca Juga: Kapolri Ungkap Kondisi Kapolda Jambi usai Dievakuasi: Sadar dan Stabil

Pegangan erat Kopda Ahmad dilakukan pada ketinggian 75 kaki atau 23 meter. Hal tersebut harus dilakukan agar Rusdi tak terlempar dari tandu.

"Saya diperintah komandan untuk memastikan keselamatan Pak Kapolda sampai atas (helikopter). Maka saya pegang erat-erat agar selamat," kata Kopda Ahmad, Selasa, dikutip dari Kompas.com.

Penyelamatan darurat tersebut harus dilakukan tanpa kesalahan atau zero mistake. Mereka tercatat berputar di udara lebih dari 10 kali. 


 

Saat ditanya apakah dirinya merasa pusing atau mual saat tandu berputar ketika penyelamatan udara, Kopda Ahmad mengaku tak ada masalah.

Baca Juga: Kapolri Sebut Helikopter yang Ditumpangi Rombongan Kapolda Jambi Layak Terbang

"Kami punya banyak keahlian, di antaranya penerjun bebas, pengendali tempur, dan spesifikasi SAR," tuturnya.

Mulanya putaran tandu pelan saja. Namun, ketika tandu sudah ditarik dan semakin tinggi, putaran berubah cepat. Saat Kopda Ahmad harus memastikan tangannya tak terlepas, hingga rekannya menyambut dari helikopter.

Seluruh korban dari rombongan helikopter Kapolda Jambi yang mendarat darurat berhasil diselamatkan pada Selasa sore.

"Jadi sekitar pukul 17.23 sudah berhasil dievakuasi mekanik Aipda Susilo dan Koorspripim Kompol Ayani. Jadi seluruh penumpang sudah berhasil dievakuasi," kata Kabid Humas Polda Jambi, Kombes Pol Mulia Prianto dalam konferensi pers.

Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono telah dievakuasi pada pukul 16.38 WIB langsung diterbangkan ke Jambi, untuk selanjutnya dibawa ke RS Bhayangkara.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x