Kompas TV regional berita daerah

"Spiderman" Bantu Bersihkan Lumpur Sisa Banjir di Sukoharjo

Kompas.tv - 21 Februari 2023, 14:17 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SUKOHARJO, KOMPAS.TV - Sejumlah wilayah di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, dilanda banjir hingga ketinggian mencapai 2,5 meter. Namun, banjir mulai surut secara berangsur. Meski begitu, warga belum bisa menempati rumah mereka, lantaran masih tertutup dengan lumpur sisa banjir.

Untuk mempercepat pembersihan lumpur, warga dibantu petugas Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Kabupaten Sukoharjo, agar akses jalan tidak licin karena lumpur dan sebagai antisipasi kecelakaan bagi warga yang melintasinya.

Selain itu, ada sosok superhero yang hadir di tengah-tengah masyarakat, yakni sukarelawan yang berkostum Spiderman yang ikut membersihkan lumpur. Danar Wijanarko, sukarelawan superhero ini sengaja datang ke Dusun Nusupan untuk membantu sesama agar bisa sedikit meringankan masalah yang dihadapi oleh para korban banjir.

Danar juga menghibur anak-anak korban banjir untuk trauma healing. Menurutnya, anak-anak perlu diberi hiburan pasca menjadi korban bencana, salah satunya banjir. Hiburan tersebut untuk memulihkan mental anak ke depannya. Anak-anak juga diberi pemahaman tentang bahayanya air genangan banjir karena mengandung berbagai macam penyakit.

“Kita memakai kostum superhero itu niatnya untuk memberi kebahagiaan dan keceriaan anak-anak. Daerah lain di sekitar masjid yang masih banyak kotoran juga ikut kita bantu,”ujar Danar.

Selain membantu membersihkan lumpur, sukarelawan superhero juga menghibur anak-anak agar tidak larut dalam kesedihan. Anak-anak pun tertawa riang dan bahagia. Diharapkan dengan trauma healing berupa hiburan dan dongeng, mental anak korban banjir dapat pulih dan bisa beraktivitas seperti sedia kala.

#banjir #spiderman #sukoharjo



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.