Kompas TV nasional politik

Litbang Kompas: Kinerja Pemerintah Dapat Citra Positif, Elektabilitas Parpol Pendukung Ikut Naik

Kompas.tv - 21 Februari 2023, 08:39 WIB
litbang-kompas-kinerja-pemerintah-dapat-citra-positif-elektabilitas-parpol-pendukung-ikut-naik
Bendera partai politik, di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Selasa (17/1/2023). Survei Litbang Kompas periode Januari 2023 menunjukkan elektabilitas Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) masih menjadi yang tertinggi. (Sumber: KOMPAS/AGUS SUSANTO)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV- Survei Litbang Kompas periode Januari 2023 menunjukkan elektabilitas Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) masih menjadi yang tertinggi.

Dalam survei tersebut, PDI-P meraih elektabilitas 22,9 persen, disusul Gerindra 14,3 persen, lalu Golkar 9,0 persen, Demokrat 8,7 persen, dan Nasdem 7,3 persen.

Di posisi ke-6 ada Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan elektabilitas 6,1 persen, selanjutnya ada PKS 4,8 persen, lalu Perindo 4,1 persen, PPP 2,3 persen, dan PAN 1,6 persen.

Kemudian Partai Hanura, PBB, dan PSI masing-masing mendapat elektabilitas 0,5 persen. Lalu ada juga pilihan Lainnya sebesar 0,5 persen dan tidak tahu/rahasia 16,8 persen.

Survei Litbang Kompas tersebut dilakukan melalui wawancara tatap muka dan diselenggarakan pada 25 Januari-4 Februari 2023. Sebanyak 1.202 responden dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 38 provinsi Indonesia.

Menggunakan metode ini, pada tingkat kepercayaan 95 persen, margin of error penelitian ± 2,83 persen dalam kondisi penarikan sampel acak sederhana. Meskipun demikian, kesalahan di luar pemilihan sampel dimungkinkan terjadi.

Baca Juga: Survei Litbang Kompas: Elektabilitas Golkar Kalahkan Demokrat, Ada Pergeseran Suara Pemilih Anies

Mengutip Kompas.id, Selasa (21/2/2023), parpol yang mengalami kenaikan elektabilitas adalah parpol yang punya kemampuan organisasi dalam mengarusutamakan narasi politik mereka.

Sebaliknya, parpol kurang menguasai narasi politiknya, semakin tidak menarik di mata pemilih.

Survei periodik Kompas pada 25 Januari-4 Februari 2023 memperlihatkan dampak penguasaan narasi politik masih dinikmati partai pengusung pemerintah, seperti PDI-P, Golkar, PKB, PPP, dan Nasdem.


 

"Elektabilitas parpol-parpol itu cenderung meningkat dalam batas tertentu seiring citra positif kinerja pemerintah. Seperti diberitakan harian ini kemarin, kepuasan terhadap kinerja pemerintah meningkat di seluruh indikator bidang pembangunan politik, hukum, ekonomi, dan kesejahteraan sosial," tulis Harian Kompas dalam laporannya.

PDI-P menjadi yang teratas dalam survei elektabilitas karena merupakan parpol pengusung utama pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Golkar juga naik 1,1 persen dan kini menduduki peringkat ketiga dengan 9,0 persen suara pemilih. Citra Golkar kerap terwakili dari penampilan ketua umumnya, Airlangga Hartarto, yang juga banyak disebut sebagai bakal capres dari Golkar.

Baca Juga: NasDem kepada PDIP: Perbedaan Pilihan Capres Tak Boleh Jadi Penghalang Silaturahmi

Sementara itu, elektabilitas Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) sedikit menurun 1,9 persen dari survei sebelumnya dan kini menjadi 14,3 persen.



Sumber : Kompas.id

BERITA LAINNYA



Close Ads x