Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Siap-siap Mudik Motor Gratis 2023, Penumpang Bisa Satu Kereta dengan Motornya

Kompas.tv - 21 Februari 2023, 06:17 WIB
siap-siap-mudik-motor-gratis-2023-penumpang-bisa-satu-kereta-dengan-motornya
Ribuan pemudik bersepeda motor mulai datang dari Sumatera ke Pulau Jawa melewati Pelabuhan Merak, Jumat (6/5/2022). Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) kembali menyelenggarakan program mudik motor gratis (Motis) pada masa angkutan Lebaran 2023. (Sumber: Kompas.com/Rasyid Ridho)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) kembali menyelenggarakan program mudik motor gratis (Motis) pada masa angkutan Lebaran 2023.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api DJKA Kemenhub Djarot Tri Wardhono mengatakan, ada sejumlah perbedaan antara program Motis 2023 dengan program di tahun-tahun sebelumnya.

Untuk tahun ini, kereta penumpang akan dirangkaikan langsung dengan rangkaian kereta barang yang mengangkut motor penumpang.

"Jadi, motor itu bisa mudik bersama orangnya, motor di gerbong barang kemudian orangnya di gerbong penumpang ini yang berbeda dengan tahun-tahun yang lalu, di mana antara angkutan motornya dengan angkutan penumpang itu beda kereta," kata Djarot dalam sebuah diskusi di Gedung Kemenhub, Jakarta, Senin (20/2/2023).

Baca Juga: April Sudah Lebaran 2023, Kemenhub Cek Kesiapan Jalur Mudik Pantai Selatan Jawa Pansela

"Ini empat kereta api penumpang dirangkaikan dengan tiga kereta api barang yang mengangkut sepeda motor itu yang pertama yang membedakan Motis kami sebelumnya dengan Motis kami di tahun ini," ujarnya.

Perbedaan kedua, ialah program Motis tahun 2023 juga akan berangkat dari wilayah barat Jawa.


 

"Yang kedua perbedaannya adalah ada satu rangkaian yang berangkat dari Cilegon. Jadi, kami menjaring pemotor atau pengangkut sepeda motor dari kawasan barat," ujar Djarot seperti dikutip dari Antara.

"Jadi, kalau dari daerah Cilegon dan sekitarnya dari Merak dan sekitarnya misalnya dari Lampung dia sudah lelah naik motor dari Cilegon bisa naik kereta dan sampai kepada tujuan itu yang menjadi perbedaan kedua," ucapnya.

Baca Juga: Pesawat Komersial Terbesar di Dunia Mau Mendarat di Bali, Ini Persiapan Kemenhub



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x