Kompas TV internasional kompas dunia

Israel Murka Delegasinya Diusir dari Konferensi Uni Afrika, Ternyata Tidak Diundang

Kompas.tv - 20 Februari 2023, 21:00 WIB
israel-murka-delegasinya-diusir-dari-konferensi-uni-afrika-ternyata-tidak-diundang
Momen ketika delegasi Israel diusir dari ruang konferensi Uni Afrika di Addis Ababa, Ethiopia, Sabtu (18/2/2023). (Sumber: Twitter Sharmine Narwani)

ADDIS ABABA, KOMPAS.TV - Delegasi Israel dilaporkan diusir ketika menghadiri konferensi Uni Afrika sebagai peserta peninjau di Addis Ababa, Ethiopia, Sabtu (18/2/2023). Usai insiden ini, Israel menyalahkan Aljazair, Afrika Selatan, dan Iran yang dituding menjadi dalang pengusiran delegasi.

Israel mengaku berhak mengikuti konferensi Uni Afrika karena memiliki akreditasi sebagai peserta peninjau. Namun, Komisi Uni Afrika menyatakan bahwa status peninjau Israel sedang ditangguhkan.

Insiden ini terjadi ketika upacara pembukaan konferensi Uni Afrika di Addis Ababa. Ketika upacara, petugas keamanan mendatangi delegasi Israel yang dipimpin Wakil Direktur Kementerian Luar Negeri Israel untuk Afrika Sharon Bar-li dan meminta mereka keluar.

Baca Juga: Indonesia akan Desak G20 Rangkul Uni Afrika agar Suara Benua Itu Terwakili

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Israel, Lior Hair, mengeklaim Aljazair dan Afrika Selatan mendalangi pengusiran tersebut. Ia menuduh kedua negara itu dipengaruhi oleh Iran.

"Israel menyikapi dengan sangat serius insiden pengusiran Wakil Direktur Kementerian Luar Negeri Israel untuk Afrika Sharon Bar-li dari ruang (konferensi) Uni Afrika kendati berstatus peninjau terakreditasi dengan lencana akses," kata Hair dikutip Jerusalem Post.

"Sedih melihat Uni Afrika disandar segelintir 'negara ekstremis' seperti Aljazair dan Afrika Selatan, didorong oleh kebencian dan dikontrol oleh Iran," lanjutnya.

Afrika Selatan sendiri membantah tuduhan bahwa pihaknya mendalangi pengusiran Israel. Kepala diplomasi pubik di Departemen Hubungan Internasional Afrika Selatan Clayson Monyel menyebut status Israel sebagai peninjau belum diputuskan oleh anggota Uni Afrika.

"Jadi, ini bukan tentang Afrika Selatan atau Aljazair. Ini semata tentang prinsip," kata Monyela.

Israel mengeklaim diizinkan sebagai peserta peninjau Uni Afrika sejak Juli 2021. Sebelumnya, Israel kehilangan statusnya sebagai peninjau melalui desakan mantan pemimpin Libya, Muammar Khadafi.

Akan tetapi, Ketua Komisi Uni Afrika Moussa Faki Mahamat menyatakan bahwa status peninjau Israel ditangguhkan. Ia pun mengatakan insiden pengusiran delegasi Israel di Addis Ababa tengah diselidiki.

"Status (Israel) itu ditangguhkan hingga waktu komite ini bisa menentukan. Maka dari itu kami tidak mengundang pejabat Israel ke pertemuan kami," kata Mahamat dikutip Al Jazeera, Minggu (19/2).

Baca Juga: Damaskus Dibombardir Serangan Udara Israel, 15 Orang Tewas

 



Sumber : Al Jazeera

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.