Kompas TV regional berita daerah

Hebat! Mahasiswa di Semarang Ciptakan Game Simulator Sepeda Virtual Reality

Kompas.tv - 20 Februari 2023, 16:09 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Ide cemerlang mahasiswa asal Kota Semarang, Jawa Tengah, ini benar-benar layak diacungi jempol. Ia berhasil membuat inovasi baru berupa game simulator sepeda virtual reality (VR). 

Berolahraga Sambil Main Game merupakan konsep yang diusung oleh Sesarius Lintang Mahendra, mahasiswa Program Studi Sistem Informasi, E-Commerce, Game Technology, Akuntansi (SIEGA) Unika Soegijapranata Kota Semarang. Mahasiswa SIEGA, khususnya Konsentrasi Game Technology ini menciptakan sebuah inovasi baru berupa game simulator sepeda virtual reality. Dengan inovasi ini, pemain dapat bersepeda dari rumah, namun tetap bisa merasakan layaknya berada di lintasan aslinya dengan menggunakan teknologi virtual reality.

Selain sehat, karena kondisi fisik yang benar-benar mengayuh, pemain juga mendapat sensasi luar biasa selama perjalanan virtual realitynya. Tidak itu saja, bersepeda juga bisa membantu meningkatkan kondisi jantung dan paru-paru, membakar kalori serta memperkuat otot tubuh, meski bersepeda hanya dilakukan di rumah.

“Sensor yang dipasang di roda, akan membaca perputaran roda setiap satu kali putaran dan itu dibaca sebagai tombol,”kata Sesarius.

Kaprodi Sistem Informasi Unika Soegijapranata, Agus Cahyo Nugroho mengatakan sepeda virtual reality ini ide awalnya adalah sewaktu pandemi Covid-19 yang mana orang mau berolahraga di luar tapi takut dengan adanya virus corona.

“Sepeda virtual reality ini diharapkan dapat diproduksi secara massal sehingga banyak orang yang bisa menggunakan alat ini untuk olahraga sekaligus rekreasi,”ujar Agus.

Alasan lain diciptakan sepeda virtual reality ini karena tidak semua orang bisa bersepeda dalam kondisi tertentu, seperti hujan deras atau sibuk bekerja sehingga tidak punya banyak waktu untuk bersepeda jauh, menekan risiko cidera saat bersepeda, dan alasan lainnya.

#mahasiswa #seperdavirtualreality #semarang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x