Kompas TV entertainment film

Salip Titanic, Avatar 2 Jadi Film Terlaris Ketiga Sepanjang Masa

Kompas.tv - 20 Februari 2023, 14:40 WIB
salip-titanic-avatar-2-jadi-film-terlaris-ketiga-sepanjang-masa
Film Avatar The Way of Water jadi film terlaris ketiga sepanjang masa, menyalip Titanic. (Sumber: Hollywood Reporter)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Film Avatar 2 alias Avatar: The Way of Water berhasil menyalip film legendaris Titanic sebagai film terlaris ketiga sepanjang masa.

Sekuel sci-fi Avatar ini berhasil mendapatkan 2,2433 miliar dolar AS secara global, berhasil mengungguli Titanic yang meraup 2,2428 miliar dolar AS.

Adapun peringkat pertama film terlaris sepanjang masa masih dipegang film Avatar pertama dengan pendapatan 2,9 miliar dolar AS, disusul Avengers: Endgame dengan pendapatan 2,7 miliar dolar AS.

Baca Juga: Mengenal Suku Bajo, Pengembara Laut yang Jadi Inspirasi Klan Metkayina di Film Avatar 2

Kepala analis di Box Office Pro, Shawn Robbins, mengatakan, sutradara Avatar, James Cameron, tahu bagaimana cara membuat film yang digemari seluruh kalangan penonton.

“James Cameron terus mengejar dirinya di tangga box office. Dia jelas tahu bagaimana melibatkan penonton modern,” kata Robbins, beberapa waktu lalu, seperti dikutip dari Variety.

Seperti Avatar pertama, kesuksesan Avatar: The Way of Water dikaitkan dengan daya tarik film yang mampu mengakomodir selera lintas generasi serta bonus untuk penonton film dalam format premium dan 3D. Lewat layar Imax, Avatar 2 telah menghasilkan lebih dari 250 juta dolar AS.

Meski Avatar 2 berhasil menyalip Titanic dalam perolehan pendapatan secara global, film ini masih berada di bawah Titanic di kawasan Amerika Utara.

Avatar 2 menjadi film terlaris ke-9 dengan pendapatan 657 juta dolar AS, sementara Titanic di nomor 8 dengan pendapatan 659 juta dolar AS.

Baca Juga: Avatar 2 Raup Rp6,8 Triliun di Pekan Pertama di Pasar Global, Cameron: Harus Jadi Film Terlaris

Meski demikian, angka tersebut sudah menutup biaya produksi dan promosi. Pasalnya, Disney dan 20th Century menghabiskan banyak uang untuk memproduksi Avatar 2, yakni sekitar 460 juta dolar AS. 

Hal itu menjadikan Avatar: The Way of Water sebagai salah satu film termahal.

Sekuel ini memang telah lama dinanti oleh penggemar Avatar sejak film pertama dirilis pada 2009 lalu. Hingga setelah rilis, Avatar 2 pun bertahan di lima besar tangga box office selama sepuluh pekan berturut-turut.


 



Sumber : Variety

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.