Kompas TV entertainment lifestyle

Daftar 50 Jajanan Kaki Lima Terbaik di Dunia: Ada Tempe Mendoan, Pisang Goreng, hingga Pempek

Kompas.tv - 20 Februari 2023, 14:02 WIB
daftar-50-jajanan-kaki-lima-terbaik-di-dunia-ada-tempe-mendoan-pisang-goreng-hingga-pempek
Tempe mendoan masuk ke dalam daftar jajanan kaki lima terbaik di dunia. (Sumber: Kompas TV/Ant/Sumarwoto)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Iman Firdaus

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Taste Atlas baru saja merilis daftar jajanan kaki lima terbaik di dunia bertajuk 50 Best Rated Street Foods in The World, di mana lima makanan Indonesia masuk ke dalam daftar tersebut.

Taste Atlas merupakan ensiklopedia kuliner yang memetakan lebih dari 10.000 makanan dan minuman di dunia. Makanan dan minuman tersebut dibuat katalog berdasarkan tingkat popularitas dan rasa dari setiap kota, wilayah, dan desa di dunia.

Melansir Tasteatlas.com, lima makanan Indonesia masuk ke dalam daftar jajanan kaki lima terbaik di dunia, di antaranya siomay, pempek, nasi uduk, tempe mendoan, hingga pisang goreng.

Baca Juga: 4 Minuman Pemicu Koleseterol Tinggi, Apa Saja?

Jajanan Kaki Lima Terbaik

10. Siomay

Siomay menjadi satu-satunya jajanan kaki lima Indonesia yang masuk ke 10 besar jajanan kaki lima terbaik di dunia. Taste Atlas menyebutkan bahwa ini adalah jajanan yang paling disukai oleh kalangan pelajar. 

14. Pempek

Makanan asal Palembang ini menempati urutan ke-14 sebagai jajanan kaki lima terbaik di dunia. Tak hanya di Palembang, makanan ini juga dapat dengan mudah dijumpai di berbagai kota-kota.

Pempek khas Palembang Bunda Kitchen di Cimanggis (Sumber: Pempek Bunda Kitchen-)

Adapun, rekomendasi makan pempek dari Taste Atlas, di antaranya Pempek Megaria, Jakarta Pusat; Pempek Pak Raden, Palembang; Pempek Palembang Pak Jenggot, Jakarta Selatan; dan Pempek 123, Bandar Lampung.

Baca Juga: 10 Makanan untuk Orang yang Sedang Sakit, dari Sup Ayam hingga Yogurt

16. Nasi Uduk

Nasi uduk menempati urutan ke-16 sebagai jajanan kaki lima terbaik di dunia. Nasi pada nasi uduk dimasak dengan santan dan rempah-rempah. Berbagai lauk-pauk yang dihidangkan bersama nasi uduk, seperti mie, telur, tempe, tahu, dan sambal.

Rekomendasi makan nasi uduk dari Taste Atlas, di antaranya Nasi Uduk Kebon Kacang Puas Hati, Jakarta Pusat; Nasi Uduk Gondangdia, Jakarta Utara; Nasi Uduk Kota Intan, Jakarta Pusat; dan Kafe Betawi, Jakarta Selatan.

17. Tempe Mendoan

Taste Atlas menyebutkan bahwa jajanan kaki lima terbaik nomor 17 ini berasal dari Purwokerto, Jawa Tengah. Tempe mendoan didefinisikan sebagai irisan tempe yang digoreng dengan tepung basah. Tempe mendoan cocok dimakan dengan sambal kecap.

Baca Juga: Ramai Tips Awet Muda ala Gitasav, Ini Makanan yang Perlambat Penuaan Kulit

41. Pisang Goreng

Makanan ini masuk sebagai jajanan kaki lima terbaik di dunia nomor 41. Taste Atlas menyebutkan bahwa pisang goreng adalah snack yang biasa dikonsumsi masyarakat Indonesia dan dijual bersamaan dengan gorengan-gorengan lain.


 

Mereka juga menyematkan rekomendasi makan pisang goreng terbaik adalah di Warung Kopi Klotok, Yogyakarta.



Sumber : Tasteatlas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.