Kompas TV nasional peristiwa

Momen Hotman Paris Sela Hakim, Soroti Ada Jaksa Kasus Ferdy Sambo dalam Sidang Teddy Minahasa

Kompas.tv - 20 Februari 2023, 12:30 WIB
momen-hotman-paris-sela-hakim-soroti-ada-jaksa-kasus-ferdy-sambo-dalam-sidang-teddy-minahasa
Pengacara terdakwa kasus narkotika Irjen Pol Teddy Minahasa, Hotman Paris Hutapea menanyakan identitas jaksa di sidang kasus kliennya, Senin (20/2/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pengacara terdakwa kasus narkotika Irjen Pol Teddy Minahasa, Hotman Paris Hutapea menyela hakim sesaat setelah membuka sidang kliennya karena melihat ada sejumlah jaksa di kursi penuntut umum yang terlibat dalam penanganan kasus Ferdy Sambo, Senin (20/2/2023).

"Hakim mohon izin, hari ini kami melihat yang hadir di sidang ini adalah rekan-rekan di kejaksaan, apakah terjadi penggantian tim, karena di luaran kami dengar terjadi penggantian jaksa-jaksa," kata Hotman Paris setelah mendengar jawaban jaksa bahwa ada dua saksi yang dihadirkan dalam sidang lanjutan kliennya siang ini.

"Mohon majelis, kami berhak tahu, hanya ingin tahu saja surat tugasnya, apakah benar itu, sebagian saya lihat ini jaksa dari kasus sambo," ujarnya di Ruang Sidang Mudjono, Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Barat.

Hakim pun bertanya kepada jaksa terkait ada atau tidaknya pergantian tim di sisi jaksa penuntut umum (JPU).

"Apakah memang benar dari penuntut umum ada penambahan tim atau pergantian tim?" tanya Hakim Ketua Jon Sarman Saragih.

"Kalau bisa ditunjukkan kepada kami surat tugasnya walaupun sebenarnya jaksa itu adalah satu. Nah itu sepakat kita," kata Jon.

Baca Juga: Sidang Lanjutan Kasus Narkotika Teddy Minahasa Hari Ini Hadirkan 2 Saksi, Polisi dan Nelayan

Jaksa pun menjawab dengan menjelaskan isi Pasal 1 dan Pasal 2 Undang-Undang (UU) Nomor 11 Tahun 2021 atas perubahan UU Kejaksaan RI yang menyebutkan, penuntut umum adalah jaksa yang diberi wewenang oleh UU untuk melakukan penuntutan dan penetapan hakim.

"Kami semua yang hadir di muka persidangan saat ini adalah penuntut umum, lebih lanjut pula di Pasal 2-nya diatur bahwa jaksa adalah satu dan tidak terpisahkan, oleh karena itu kami semua penuntut umum yang hadir di sini adalah jaksa yang tak terpisahkan Yang Mulia," kata jaksa.

Hakim Jon pun menerima jawaban jaksa dan menyebut bahwa keterangan jaksa tersebut sudah bisa dicerna atau dipahami.

"Jaksa itu satu. Itu yang disebutkan, inilah yang hadir mereka di sini. Sah kehadirannya," tutur Jon.

"Kalau tadi alasan lain itu, itu disimpan dulu," kata Jon menghadap ke arah Hotman Paris.

Akan tetapi, Hotman kembali mendesak hakim untuk meminta jaksa menunjukkan identitas mereka kepada hakim dan tim penasihat hukum Teddy Minahasa.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x