Kompas TV regional kriminal

TNI dan Polri Amankan Alat Propaganda KKB Egianus Kogoya, Ada Kamera Besar hingga Radio HT

Kompas.tv - 20 Februari 2023, 06:47 WIB
tni-dan-polri-amankan-alat-propaganda-kkb-egianus-kogoya-ada-kamera-besar-hingga-radio-ht
Foto kondisi terakhir pilot Susi Air berkebangsaan Selandia Baru, Philip Mark Mehrtens yang disandera Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya. (Sumber: Istimewa)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Desy Afrianti

PAPUA, KOMPAS.TV - Satgas Damai Cartenz mengamankan alat propaganda yang selama ini digunakan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB pimpinan Egianus Kogoya.

Selain alat propaganda, Satgas Damai Cartenz juga mengamankan berbagai dokumen diduga milik KKB Egianus Kogoya tersebut.

Baca Juga: Jejak KKB Egianus Kogoya usai Bakar Pesawat Susi Air Tercium: Tinggalkan Surat, Begini Isinya

Dansatgas Damai Cartenz Kombes Faizal Ramadhan mengatakan berbagai dokumen dan alat propaganda yang digunakan KKB itu diamankan di dua lokasi.

Itu antara lain di kampung Yutpul Distrik Kilmid dan sekitar Gunung Wea Distrik Paro, Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan.

Kombes Faizal menuturkan, dokumen dan peralatan elektronik yang ditemukan tersebut diduga selama ini digunakan untuk propaganda.


 

Menurut Faizal, Satgas Damai Cartenz yang terdiri atas anggota TNI-Polri itu menemukan berbagai peralatan saat berpatroli di kedua wilayah yang masuk dalam Distrik Kilmid dan Distrik Paro itu.

Baca Juga: Personel Gabungan Terlibat Kontak Senjata dengan KKB saat Kejar Pelaku Pembakaran Rumah di Ilaga

Ada 39 barang dan dokumen berupa surat-surat serta alat propaganda di antaranya kamera besar TV, handphone, radio HT, kabel dan lainnya.

“Barang-barang temuan tersebut telah kami amankan dan sudah kami serahkan kepada penyidik Polri untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut," ucap Kombes Faizal yang juga menjabat Dirkrimum Polda Papua, Minggu (19/2/2023) seperti dikutip dari Antara.

Adapun saat ini, Distrik Paro sudah ditinggalkan oleh penduduknya yang memilih mengungsi ke Kenyam, ibu kota Kabupaten Nduga.

Masyarakat Distrik Paro mengungsi ke sana karena takut terhadap aksi KKB pimpinan Egianus Kogoya yang kerap melakukan aksi teror.

Baca Juga: Deretan Kejahatan KKB Egianus Kogoya: Bantai Belasan Pekerja, Bunuh Marinir, hingga Sandera Pilot

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.