Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Lolos Peninjauan Otoritas Arab Saudi, Bandara Kertajati Bisa Layani Penerbangan Haji 2023

Kompas.tv - 20 Februari 2023, 05:20 WIB
lolos-peninjauan-otoritas-arab-saudi-bandara-kertajati-bisa-layani-penerbangan-haji-2023
Kemenhub menyatakan, Bandara Kertajati, Majalengka telah memenuhi persyaratan standar pelayanan penerbangan haji 2023 oleh tim General Authority of Civil Aviation (GACA) Arab Saudi. (Sumber: AP Photo/Amr Nabil)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan, Bandara Kertajati, Majalengka telah memenuhi persyaratan standar pelayanan penerbangan haji 2023 oleh tim General Authority of Civil Aviation (GACA) Arab Saudi. 

Sebelumnya tim tersebut telah meninjau Bandara Kertajati pada Rabu (15/2/2023) lalu. 

Direktur Jenderal Perhubungan Udara M. Kristi Endah Murni mengatakan, kesiapan Bandara Kertajati menjadi bandara embarkasi haji 2023 tersebut melalui pemenuhan sejumlah standar.

Di antaranya aspek keamanan dan keselamatan penerbangan, aspek pelayanan serta aspek lainnya seperti pelayanan keimigrasian, kepabeanan dan kekarantinaan (custom, imigration, and quarantine/CIQ).

Baca Juga: Tak Mampu Lunasi Biaya Haji 2023, Keberangkatan Calon Jemaah Haji Ditunda Tahun Depan

"Selanjutnya GACA akan mengirimkan surat 'clearance' kepada Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub sebagai bukti hasil peninjauan dan pengamatan langsung ke Bandara Kertajati," kata Kristi seperti dikutip dari Antara, Minggu (19/2/2023).

Setelah Kementerian Perhubungan menerima surat kelaikan ( clearance), dapat dipastikan musim haji tahun 2023 ini masyarakat Jawa Barat bisa berangkat haji melalui Bandara Kertajati.

"Tentunya akan menjadi suatu kebanggaan bagi calon jamaah haji yang berasal dari Jawa Barat dan sekitarnya dapat berangkat melalui Bandara Kertajati karena dapat menghemat waktu dan tidak perlu jauh-jauh menempuh jalur darat ke Bandara Soekarno-Hatta," tuturnya.


 

Ia pun meminta semua pihak terkait, untuk menjalankan pelayanan sesuai prosedur yang telah ditetapkan. Sehingga penyelenggaraan penerbangan haji yang tinggal beberapa bulan dapat terselenggara dengan baik.

Baca Juga: 3 Hal Krusial soal Biaya Haji 2023 Menjadi Rp49,8 Juta, Jemaah Calon Haji Wajib Tahu

Pada Rabu pekan lalu, kehadiran tim GACA yang didampingi Atase Republik Indonesia di Jeddah disambut oleh perwakilan dari direktorat teknis Ditjen Perhubungan Udara di Bandara Kertajati. 

Turut hadir juga PT Angkasa Pura II beserta perwakilan instansi yang membidangi CIQ, pemerintah daerah, dan instansi yang membidangi pelaksanaan ibadah Haji mengecek dan melihat langsung kesiapan fasilitas di bandara sehingga aspek pelayanan telah terpenuhi.

Jawa Barat sendiri merupakan provinsi yang menyumbang jumlah jemaah haji terbesar tahun 2023.



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.