Kompas TV video vod

Wow! Mahasiswi IPB Manfaatkan Sampah dengan Cara Budidaya Maggot atau Belatung

Kompas.tv - 19 Februari 2023, 20:00 WIB
Penulis : Shinta Milenia

SUKABUMI, KOMPAS.TV - Elsa Nopiyanti, mahasiswi IPB Bogor ini berhasil memanfaatkan sampah rumah tangga menjadi memiliki nilai ekonomi dengan cara budidaya maggot atau belatung sebagai pakan ikan dan unggas.

Budidaya maggot yang dilakukan Elsa berawal ketika mendapat beasiswa dari salah satu perusahaan semen di wilayah Kecamatan Gunung Puyuh untuk melakukan inovasi terkait permasalahan sampah.

Berbekal pendidikan yang sedang ditekuni dikampusnya Elsa berinisiasi mengurai sampah dengan budidaya magot yang memiliki banyak manfaatnya.

Dalam budidaya magot, Elsa menggandeng pemuda Karang Taruna Karya Mandiri di Desa Kebon Manggu, Kecamatan Gunung Guruh, Kabupaten Sukabumi.

Baca Juga: Tim Gabungan Mulai Bergerak untuk Evakuasi Rombongan Kapolda Jambi yang Mendarat Darurat

Di lahan yang sederhana ini pengembangbiakan maggot tersimpan dalam puluhan boks yang tumbuh berkembang dan siap dipanen dalam waktu 45 hari.

Biaya yang murah serta pemeliharaan yang sangat mudah membuat budidaya ini kini menjanjikan ekonomi tambahan bagi pemuda karang taruna setempat.

Harga jual maggot ditingkat para petani saat ini dijual Rp 8,000 per kilogram dan untuk satu kali panen bisa menghasilkan 10 kilogram maggot.

Budidaya maggot ini membuka peluang wirausaha karena pangsa pasarnya sangat terbuka, terlebih untuk memenuhi kebutuhan petani ikan dan peternakan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x