Kompas TV nasional sosial

Syarat, Tugas dan Gaji Komcad 2023, Pendaftaran Dibuka hingga 14 April

Kompas.tv - 19 Februari 2023, 11:54 WIB
syarat-tugas-dan-gaji-komcad-2023-pendaftaran-dibuka-hingga-14-april
Ilustrasi Komponen cadangan atau Komcad. (Sumber: Antaranews)
Penulis : Dian Nita | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pendaftaran Komponen cadangan (Komcad) Kementerian Pertahanan (Kemenhan) 2023 telah dibuka pada 2 Januari hingga 14 April 2023 mendatang.

Melalui akun Instagram resmi, Kemenhan RI menunjuk Letnan Kolonel Tituler Deddy Corbuzier untuk mengumumkan rekrutmen Komcad 2023 tersebut.

"Saya Letnan Kolonel Tituler Deddy Corbuzier. Dan saya ingin mengajak Anda semua bergabung dengan Komcad, karena setiap warga berhak dan wajib ikut membela negara," ujar Deddy Corbuzier, Sabtu (18/2/2023).

Pendaftaran Komcad 2023 ini dibuka untuk umum dengan registrasi melalui website komcad.kemhan.go.id atau mengirimkan pesan Whatsapp di 089619370020.

Baca Juga: Jadi Letkol Tituler, Deddy Corbuzier Ajak Masyarakat Daftar Rekrutmen Komcad, Begini Caranya

Apa Itu Komcad?

Melansir kemhan.go.id, Minggu (19/2/2023) Komponen cadangan atau Komcad adalah sebuah pasukan cadangan militer yang terdiri dari warga negara yang menggabungkan peran militer dengan karier sipil. 

Komcad disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperkuat kekuatan dan kemampuan Komponen Utama yakni Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Untuk diketahui, Komcad bukan wajib militer karena pendaftarannya dibuka secara sukarela. Penggunaan Komcad hanya pada saat mobilisasi oleh Presiden dengan persetujuan DPR.

Warga negara yang memenuhi syarat dilatih dasar kemiliteran dan diorganisir dengan status tetap sipil. Pada saat digunakan melalui mobilisasi baru berubah menjadi kombatan/militer.

Namun, jika di keadaan non aktif Komcad akan menjadi warga negara seperti biasa dengan profesinya baik masyarakat, ASN,  mahasiswa, atau lainnya.

Komcad Berbeda dengan TNI



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.