Kompas TV nasional kesehatan

10 Makanan untuk Orang yang Sedang Sakit, dari Sup Ayam hingga Yogurt

Kompas.tv - 18 Februari 2023, 14:06 WIB
10-makanan-untuk-orang-yang-sedang-sakit-dari-sup-ayam-hingga-yogurt
Ilustrasi - Saat sedang sakit, selain minum obat, tentunya kita harus makan makanan yang bergizi. Berikut 10 makanan yang baik bagi orang yang sedang sakit.
(Sumber: Pixabay)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Edy A. Putra

SOLO, KOMPAS.TV – Saat sedang sakit, selain minum obat, tentunya kita harus makan makanan yang bergizi. Ada beberapa makanan yang bisa mendukung proses pemulihan.

Contohnya alpukat atau pisang. Berkat kandungan vitamin dan mineral, kedua buah tersebut cocok dikonsumsi orang yang sedang sakit.

Sayuran hijau yang mengandung vitamin dan mineral juga cocok bagi orang yang sakit. Namun, makanan ini tidak cocok untuk orang yang sedang sakit asam urat.

10 Makanan yang Baik untuk Orang yang Sedang Sakit

Berikut beberapa makanan yang dapat membantu proses penyembuhan untuk orang sakit, dirangkum dari Gramedia.com

1. Sup Ayam

Makanan yang sering ditemui di rumah sakit ini sudah lama dikenal baik untuk orang sakit. Kandungan protein, mineral, kalori, dan vitamin di dalamnya cukup banyak untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selama masa penyembuhan.

Sup ayam juga menjadi sumber cairan dan elektrolit yang sangat baik, terutama untuk pasien yang terkena diare atau demam.

Saat sedang flu, semangkuk sup ayam hangat mampu menggantikan cairan yang hilang sekaligus melegakan hidung tersumbat dengan mengencerkan dahak yang ada.

Selain itu, para ahli juga menemukan kandungan asam amino sistein, asetil sistein, dan bentuk sistein lainnya pada sup ayam yang memiliki sifat antivirus, anti-inflamasi serta antioksidan.

Baca Juga: Kondisi Cuaca Dapat Turunkan Imun, Lakukan ini Agar Tak Mudah Sakit

2. Kaldu

Sama halnya seperti sup ayam, kaldu juga termasuk makanan yang sangat baik untuk orang sakit. Kaldu terbuat dari hasil penyaringan rebusan daging, baik itu daging sapi, kambing, ayam, ataupun ikan.

Kandungan nutrisi dalam kaldu cukup lengkap, mulai dari kalori, vitamin dan mineral seperti magnesium, kalsium, folat, dan fosfat. Bahkan, hanya dengan menghirup kaldu hangat sudah dapat membantu meringankan hidung mampet saat flu.

Namun, yang penting juga diperhatikan adalah penggunaan garam pada masakan. Sebaiknya, batasi jumlah garam bila Anda sudah pakai kaldu sebagai penyedap masakan.

3. Pisang

Pisang kaya akan vitamin dan mineral, dan dapat dimakan langsung atau diolah menjadi berbagai hidangan lezat. Selain kaya nutrisi, buah ini juga memiliki kandungan protein dan lemak yang rendah.

Tekstur pisang yang lembut juga mudah untuk dicerna. Bila Anda sedang diare, makan pisang adalah pilihan tepat untuk membantu meredakan diare karena seratnya bisa membantu melancarkan pencernaan



Sumber : Gramedia.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x