Kompas TV nasional peristiwa

Jejak KKB Egianus Kogoya usai Bakar Pesawat Susi Air Tercium: Tinggalkan Surat, Begini Isinya

Kompas.tv - 18 Februari 2023, 05:25 WIB
jejak-kkb-egianus-kogoya-usai-bakar-pesawat-susi-air-tercium-tinggalkan-surat-begini-isinya
Foto kondisi terakhir pilot Susi Air berkebangsaan Selandia Baru, Philip Mark Mehrtens yang disandera Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya. (Sumber: Istimewa)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Vyara Lestari

PAPUA, KOMPAS.TV - Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB pimpinan Egianus Kogoya ternyata sempat meninggalkan jejak usai melakukan aksi teror dengan melakukan pembakaran pesawat Susi Air.

Kepala Operasi Damai Cartenz Kombes Faizal Ramadhani mengungkapkan, jejak pemimpin tertinggi KKB wilayah Nduga, Papua Pegunungan itu terlihat dari ditemukannya sebuah surat.

Baca Juga: Deretan Kejahatan KKB Egianus Kogoya: Bantai Belasan Pekerja, Bunuh Marinir, hingga Sandera Pilot

Surat tersebut, kata Faizal, ditemukan di dekat lokasi pembakaran pesawat Susi Air di Distrik Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

"Di TKP kita menemukan ada surat yang ditinggalkan Egianus Kogoya," kata Kombes Faizal di Mimika, Papua, Jumat (17/2/2023).

Faizal menjelaskan, pihaknya memastikan bahwa surat itu ditinggalkan kelompok Egianus karena ditaruh di tiang depan lokasi pembakaran.

"Kita tahu itu ditinggalkan karena ditaruh di tiang yang ditanam di depan TKP," ujar Kombes Faizal.

Faizal mengungkapkan, surat yang ditinggalkan oleh Egianus Kogoya tersebut dibuat dengan ketikan komputer. Selain itu, surat itu juga sudah lama dibuat.

Baca Juga: Istana Jawab soal Papua Disebut Berstatus Darurat Sipil Usai Serangan KKB di Bandara Paro

Faizal memastikan, di dalam surat tersebut tidak ada pesan khusus terkait aksi penyanderaan pilot Susi Air, Kapten Philip Mark Merthens.



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.