Kompas TV nasional hukum

Cerita Orangtua Anaknya Diterima 3 Universitas Top, Tapi Pilih Unila Walau Harus Nyogok Ratusan Juta

Kompas.tv - 17 Februari 2023, 15:55 WIB
cerita-orangtua-anaknya-diterima-3-universitas-top-tapi-pilih-unila-walau-harus-nyogok-ratusan-juta
Gedung Rektorat Universitas Lampung (Unila). (Sumber: unila.ac.id)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Seorang ibu bernama Anita mengungkapkan alasannya memilih Universitas Lampung atau Unila untuk anaknya menempuh pendidikan tinggi atau berkuliah.

Padahal, anaknya berinisial CAL yang saat ini menjadi mahasiswi Fakultas Kedokteran di Unila sudah diterima masuk di universitas top di Indonesia. 

Baca Juga: Kombes Polisi Akui Beri Rp150 Juta ke Karomani Usai Anaknya Masuk Unila: Itu Sumbangan Bangun Gedung

Adapun ketiga universitas yang telah menerima CAL itu yakni Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, PS Kedokteran Gigi Universitas Diponegoro (Undip), dan Universitas Negeri Semarang (Unnes). Tapi Anita rela memilih Unila meski harus mengeluarkan uang sampai Rp 500 juta. 

Anita mengatakan lebih memilih memasukkan anaknya ke Fakultas Kedokteran Unila karena persoalan lokasi, di mana jarak kampus anaknya saat ini sangat dekat dengan rumahnya. 

Selain itu, Anita mengaku mempertimbangkan lokasi dan jarak universitas anaknya karena mempertimbangkan anaknya CAL yang merupakan perempuan.

Demikian hal tersebut disampaikan Anita saat bersaksi dalam sidang lanjutan perkara suap penerimaan mahasiswa baru (PMB) Unila di Pengadilan Tipikor Tanjung Karang, Lampung, Kamis (16/2/2023).


 

"Rumah saya di belakang Unila, Pak. Kalau di tempat (kampus) lain kejauhan, karena anak saya perempuan,” kata Anita seperti dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Karomani Sebut Zulkifli Hasan Titip Keponakan Masuk Fakultas Kedokteran Unila meski Nilainya Kurang

Adapun Anita disebut harus merogoh kocek hingga lebih dari Rp500 juta agar anaknya CAL bisa berkuliah di Unila. 



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x