Kompas TV regional berita daerah

Budidaya Buah Nam Nam, Tanaman Langka Kaya Vitamin C

Kompas.tv - 16 Februari 2023, 19:48 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPASTV - Seorang warga di Jember Jawa Timur berhasil budidaya tanaman buah nam nam di halaman rumahnya. Buah langka yang biasa ditemukan di tengah hutan Kawasan Asia Selatan dan Tenggara itu tumbuh subur dengan buah yang memiliki manfaat untuk kesehatan.

Adalah Sugianto, warga Lingkungan Tegal Rejo Kelurahan Jember Lor Kecamatan Patrang Kabupaten Jember, yang berhasil membudidayakan tanaman buah nam nam. Pohon buah nam nam memiliki tinggi 5 meter, tumbuh subur dengan puluhan buah yang menempel di batang pohon.

Sekilas buah nam nam mempunyai bentuk seperti buah cokelat dengan permukaan bergelombang dan daging berwarna putih menyelimuti biji.

Berawal dari iseng, Sugianto menanam satu biji pada dua puluh tahun silam. Tak menyangka tanaman itu tumbuh subur, padahal tanaman langka ini biasa hidup di tengah hutan kawasan Asia Selatan dan Asia Tenggara.

Baca Juga: Buah Melon Green House Bisa Dipanen Kapan Saja

Buah nam nam kaya vitamin c dan manfaat. Buah dengan rasa manis dan kecut ini dapat menurunkan risiko penyakit kronis, menurunkan risiko kanker, meredakan gejala alergi, menjaga kesehatan kulit dan rambut dan mengatasi gangguan diare.

Sejak di unggah di media sosial, banyak warga yang datang ke rumah sugianto untuk melihat langsung dan mencicipi buah nam nam. Tanaman buah nam nam tumbuh dengan alami tanpa perawatan dan berbuah tiga kali dalam setahun.

 

#tanamanlangka #buahnamnam #buahkayavitaminc #budidayatanaman #jember



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x