Kompas TV regional berita daerah

Peringatan Naik Tahta ke-19 Raja Keraton Kasunanan

Kompas.tv - 16 Februari 2023, 18:29 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SOLO, KOMPAS.TV - Kesenian dari Kepaksian Pernong Lampung membuka rangkaian Tingalan Dalem Jumenengan Sunan Pakubuwono ke XIII. Raja Keraton Kasunanan Surakarta ini sudah bertahta selama 19 tahun. Dan pada tahun ini, kembali jumenengan digelar dengan meriah. 

Kemudian yang menjadi ciri khas jumenengan adalah Tarian Bedhaya Ketawang. Pada tahun ini tarian digelar sesuai pakem yang ada. Ini merupakan tradisi yang wajib dijaga dan menunjukkan eksistensi dari Keraton kasunanan. Apalagi banyak pusaka yang ada dan sudah ditetapkan sebagai pusaka warisan budaya.

"Yang penting upacara Tingalan Dalem Jumenengan ini tetap berlangsung. Ini ada 20 warisan budaya tak benda ditetapkan sebagai warisan budaya peringkat nasional, " kata KGPH Dipokusumo, Pengageng Parentah Keraton Kasunanan Surakarta.

Sebagai salah satu peninggalan budaya Mataram, Keraton Kasunanan masih eksis walau seringkali dilanda konflik internal. Eksistensi Keraton Kasunanan sangat penting agar sejarah tidak terputus dan bisa tetap dipelajari oleh generasi penerus. Tingalan Dalem Jumenengan merupakan salah satu bukti jika Keraton Kasunanan masih ada dan terus lestari. Sejumlah kerajaan di Nusantara turut memeriahkan acara ini.

#keratonkasunanan #warisanbudaya #jumenengan 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x