Kompas TV regional berita daerah

Makan Ribuan Tempe Goreng Godong Dowo Massal di Pemalang Pecahkan Rekor

Kompas.tv - 16 Februari 2023, 17:08 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

PEMALANG, KOMPAS.TV - Makanan khas Kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, Tempe Godong Dowo, selama ini sudah banyak dikenal oleh warga sekitar. Namun, kini semakin tenggelam dengan banyaknya makanan modern juga semakin sedikitnya pengusaha tempe. Tempe di Petarukan dikemas dengan godong atau daun pisang yang memanjang. Daun pisang digunakan sebagai bungkus tempe yang sudah dibentuk pipih.

Untuk mengenalkan kuliner dan oleh-oleh khas daerah agar bisa menjadi ikon daerah, digelar makan tempe bersama. Kegiatan ini juga berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI), yaitu makan Tempe Godong Dowo (daun panjang) massal terbanyak yakni sebanyak 12.448 buah tempe goreng.

Dalam kegiatan ini warga dilibatkan, mulai dari menggoreng tempe, menata, lalu dicek oleh petugas dari MURI. Setelah selesai, semua warga bisa menikmati tempe goreng godong dowo bersama dengan ciri khas rasanya yang lezat dan bau khas kedelai segar. Warga yang hadir pun antusias mencicipi lezatnya tempe goreng godong dowo dan tak sedikit pula warga yang membawa tempe goreng tersebut untuk oleh-oleh keluarga di rumah.

“Ini adalah asli UMKM Petarukan yang bisa dipasarkan menjadi salah satu produk unggulan di Petarukan dan Pemalang. Kita jual dengan kombinasi dalam satu paket yaitu dengan tempe, tepung, dan bumbu sehingga masyarakat bisa memasaknya sendiri di rumah,”kata Mansyur Hidayat, Plt Bupati Pemalang.

Camat Petarukan, Andri Adi mengatakan dengan adanya kegiatan ini, pihaknya ingin menunjukkan kembali bahwa Tempe Godong Dowo ini sangat khas, nikmat, dan layak dijadikan oleh-oleh khas Kabupaten Pemalang.

“Hari ini dilaksanakan usaha untuk menunjukkan memecahkan rekor MURI, Tempe Goreng Godong Dowo. Keterlibatan masyarakat yang ada saat ini mempersiapkan 12.448 sebaknyak 15 produsen Tempe Godong Dowo ini. Kemudian dalam prosesnya kami harus menyiapkan 24 tim penggoreng,”ujar Andri Adi.

Aksi makan tempe goreng godong dowo secara serentak merupakan dukungan pemerintah dalam mendorong produk khas Petarukan agar semakin berkembang dan mampu menyejahterakan perajin tempe dan para karyawannya.

#tempe #umkm #muri



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x