Kompas TV regional berita daerah

Makan 12.448 Tempe Goreng Pecahkan Rekor Muri

Kompas.tv - 15 Februari 2023, 18:58 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Makanan khas Kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang, tempe godong dowo, selama ini sudah banyak dikenal warga sekitar. Namun kini semakin tenggelam dengan banyaknya makanan modern juga semakin sedikitnya pengusaha tempe.

 

Tempe di Petarukan dikemas dengan godong atau daun pisang memanjang. Daun pisang digunakan sebagai bungkus tempe yang sudah dibentuk pipih.

 

Untuk mengenalkan kuliner dan oleh- oleh khas daerah agar bisa menjadi ikon daerah, digelar makan tempe bersama. Kegiatan ini juga berhasil memecahkan rekor muri, yaitu makan tempe godong dowo (daun panjang) masal terbanyak, 12.448 buah tempe goreng.

 

Warga dilibatkan mulai dari menggoreng tempe menata lalu dicek oleh petugas dari muri. Setelah selesai, semua warga bisa menikmati tempe goreng godong dowo serentak, dengan ciri khas rasanya yang lezat dan bau khas kedelai segar. Warga yang hadir antusias mencicipi lezatnya tempe goreng godong dowo, tak sedikit pula warga membawa tempe goreng tersebut untuk oleh-oleh keluarga di rumah.

 

Aksi makan tempe goreng godong dowo secara serentak sebagai dukungan pemerintah dalam mendorong produk khas Petarukan agar semakin berkembang dan mampu mensejahterakan pengrajin tempe dan para karyawannya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x