Kompas TV tekno aplikasi

WhatsApp Kembangkan Fitur Voice Note Transcript

Kompas.tv - 14 Februari 2023, 15:34 WIB
whatsapp-kembangkan-fitur-voice-note-transcript
Ilustrasi aplikasi WhatsApp. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Rizky Rahmansyah | Editor : Purwanto

KOMPAS.TV- WhatsApp sejak 2021 silam dilaporkan menguji coba dan mengembangkan fitur Voice Note Transcript. Seperti namanya, fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengetahui isi pesan suara tanpa perlu memutarnya terlebih dahulu.

Fitur Voice Note selama ini memang berguna bagi pengguna untuk mengirim pesan namun tak memungkinkan untuk mengetiknya secara langsung.

Hanya saja, si penerima Voice Note bisa saja sedang dalam kondisi tak bisa mendengarkan pesan lantaran tidak membawa headphone atau sedang berada dalam lingkungan yang ramai.

Tentunya fitur Voice Note Transcript dapat menjadi opsi baru bagi pengguna untuk mendengarkan pesan suara. 

Dikutip dari WABetaInfo, fitur Voice Note Transcript ditemukan di Whatsapp Beta versi 23.3.0.73 untuk perangkat iOS.

Fitur Voice Note Transcript di WhatsApp (Sumber: wabetainfo.com)

Pada tangkapan layar yang dibagikan, WhatsApp menyediakan jendela pop-up berisi informasi mengapa transkripsi tidak tersedia. Pertama, karena kata-kata dalam pesan suara tidak dikenali.

Kedua, karena pengguna belum menyetel bahasa pilihan yang sesuai dengan bahasa yang digunakan pengirim Voice Note. Pada jendela pop-up, fitur bahasa Voice Note Transcript akan disetel dalam bahasa Inggris secara default. 

Pengguna bisa mengubah pilihan bahasa lewat menu "Change Language" yang juga muncul di jendela.

Baca Juga: WhatsApp Punya Font Baru, Bisa untuk Edit Teks pada Gambar hingga Video 

Dilansir dari Indian Express, belum ada indikasi kapan tepatnya WhatsApp akan membuat Voice Note Transcript tersedia untuk pengguna. Juga belum ada indikasi fitur Voice Note Transcript sedang dikembangkan di Android juga.

Sebelumnya, pada September 2021, WABetaInfo juga pernah menemukan fitur transkrip pesan suara WhatsApp yang sama. Namun, info tersebut tidak terdengar lagi hingga sekarang.



Sumber : WABetaInfo/IndianExpress

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.