Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Produksi Emas dan Tembaga Freeport Diprediksi Turun akibat Banjir Bandang

Kompas.tv - 14 Februari 2023, 06:03 WIB
produksi-emas-dan-tembaga-freeport-diprediksi-turun-akibat-banjir-bandang
PT Freeport Indonesia menggunakan alat berat membuka aliran air yang sempat menutup di area Jalan Hubertus Haluk, MP 74 (Sumber: Kompas.tvAnt)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - PT Freeport Indonesia (PTFI) terus melakukan pemulihan setelah terjadinya banjir lumpur di area tambang yang diakibatkan curah hujan tinggi.

Vice President Corporate Communications PTFI Katri Krisnati mengatakan, sejak Minggu (12/2) malam telah melakukan upaya pembersihan di area terdampak yang meliputi area pabrik pengolahan konsentrat, conveyor, perkantoran, terowongan west gully dan jalan tambang.

"PTFI juga telah mulai melakukan perbaikan terhadap peralatan tambang dan akses jalan tambang yang mengalami kerusakan," kata Katri seperti dikutip dari Antara, Senin (13/2/2023). 

Menurut Krisnati, produksi harian PTFI mendekati hampir lima juta pounds tembaga dan 5.000 ounces emas namun akibat kejadian banjir lumpur pada Sabtu (11/2), diperkirakan penjualan kuartal pertama 2023 akan lebih rendah dari prediksi. Yakni sebesar 900 juta pounds tembaga dan 300.000 ounces emas.

Baca Juga: Korban Jiwa akibat Banjir Bandang di Area Freeport Papua Tengah Bertambah Jadi Dua Orang

"Sehingga PTFI masih terus melakukan kajian atas dampak dari kejadian itu dan menyiapkan rencana pemulihan untuk melanjutkan operasi," ujarnya.


 

Dia menjelaskan, perkiraan awal aktivitas pabrik pengolahan diharapkan dapat mulai beroperasi kembali pada akhir Februari 2023 diikuti dengan aktivitas penambangan.

"Namun hal ini dapat berubah sesuai dengan hasil kajian yang telah selesai dilakukan tetapi tidak ada dampak terhadap rencana jangka panjang PTFI," ucapnya. 

Dia menambahkan, 14 orang karyawan yang sempat tertahan dalam gedung perkantoran telah dievakuasi dengan aman dan saat ini dalam kondisi sehat dan tidak mengalami cedera.

"Saat ini aktivitas penambangan dan pengolahan masih dihentikan sementara untuk proses pemulihan," sebutnya. 

Baca Juga: Ridwan Kamil Sebut Tol Cisumdawu Beroperasi Akhir Februari, Bisa Untuk Mudik Lebaran 2023



Sumber : Antara, Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.