Kompas TV nasional peristiwa

Menhub Temui Menteri Transportasi Singapura, Bahas Peningkatan Kerja Sama

Kompas.tv - 14 Februari 2023, 03:20 WIB
menhub-temui-menteri-transportasi-singapura-bahas-peningkatan-kerja-sama
Menhub Budi Karya Sumadi saat menghadiri acara Groundbreaking Contract Package (CP) 202 MRT Jakarta Fase 2A dan Pembukaan Kembali Kawasan Kota Tua, di Areal Stasiun Jakarta Kota, Sabtu malam (10/9). (Sumber: BKIP Kemenhub)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Edy A. Putra

SINGAPURA, KOMPAS.TV - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan kerja ke Singapura dan bertemu dengan Menteri Transportasi Singapura Mr. Iswaran, Senin (13/2/2023).

Dalam pertemuan tersebut, keduanya membahas sejumlah hal terkait upaya peningkatan kerja sama kedua negara di sektor transportasi udara, laut, dan pengembangan SDM sektor transportasi.

“Hubungan bilateral antara Indonesia dan Singapura selama ini sudah terjalin baik, dan kedua negara sepakat untuk menjaga hubungan yang saling menguntungkan dan membuka sejumlah peluang kerja sama di sektor transportasi,” ujar Menhub melalui siaran pers yang diterima Kompas.tv, Senin.

Dalam pertemuan tersebut, Menhub Budi bersama Mr. Iswaran menyaksikan penandatanganan dokumen antara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI dan Kementerian Transportasi Singapura, sebagai tindak lanjut dari perjanjian Flight Information Region (FIR) kedua negara pada 2022 lalu.

“Ini merupakan upaya bersama kedua negara untuk meningkatkan keselamatan, keteraturan, dan efisiensi pengelolaan ruang udara di kawasan kedua negara."

"Langkah ini juga menunjukkan komitmen kedua negara untuk mengimplementasikan perjanjian FIR yang telah ditandatangani tahun lalu,” ujar Menhub.

Baca Juga: April Sudah Lebaran 2023, Kemenhub Cek Kesiapan Jalur Mudik Pantai Selatan Jawa Pansela

Dalam agenda itu, Menhub tidak lupa mengunjungi pelabuhan logistik di Singapura.

“Kami ingin mencari referensi desain dan teknologi terkini untuk pengembangan pelabuhan di Indonesia,” ucapnya.

Sementara itu, terkait pengembangan SDM sektor transportasi, Menhub mendorong dilaksanakannya program-program praktek kerja lapangan untuk sekolah kedinasan di bawah naungan Badan Pengembangan SDM Perhubungan. 

Menhub mengapresiasi salah satu program praktek kerja lapangan yang sudah dijalankan di Atase Perhubungan Singapura, di mana program tersebut memberikan kesempatan bagi Perwira atau Taruna/i untuk mendapatkan pengalaman selama enam bulan bekerja di kantor Atase.

"Program ini sangat baik, karena selain menimba ilmu di sekolah, mereka memiliki pengalaman langsung bekerja di lapangan dengan lingkup internasional,” tuturnya.

Selain itu, Menhub juga sempat bertemu dengan WNI yang ada di Singapura dalam acara kumpul bersama komunitas pesepeda "Ride Love”, bersama Duta Besar Indonesia untuk Singapura Suryopratomo dan Atase Perhubungan di Singapura Diaz Saputra. 

Turut hadir dalam kunjungan kerja ke Singapurar, Dirjen Perhubungan Udara Maria Kristi Endah Murni dan Dirjen Perhubungan Laut Arif Toha. 

Baca Juga: Menhub: Tak Usah Jauh-jauh ke Swiss kalau Mau Naik KA Panoramic


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x