Kompas TV regional peristiwa

Begini Kronologi Bus Wisata yang Angkut SMPN 3 Garut Tabrak 2 Motor di Jalur Daendels Purworejo

Kompas.tv - 13 Februari 2023, 07:26 WIB
begini-kronologi-bus-wisata-yang-angkut-smpn-3-garut-tabrak-2-motor-di-jalur-daendels-purworejo
Bus pariwisata yang mengangkut rombongan siswa SMPN 3 Garut mengalami kecelakaan dengan dua sepeda motor di jalur maut jalan Daendels di depan rest area Pejagran, Desa Pejagran, Kecamatan Ngombol, Kabupaten Purworejo (12/2/2023). Kecelakaan itu mengakibatkan 1 korban tewas di tempat. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bus pariwisata yang mengangkut rombongan siswa SMPN 3 Garut mengalami kecelakaan dengan dua sepeda motor di jalur maut jalan Daendels di depan rest area Pejagran, Desa Pejagran, Kecamatan Ngombol, Kabupaten Purworejo. Kecelakaan itu mengakibatkan 1 korban tewas di tempat, Minggu (12/2/2023).

Kasat Lantas Polres Purworejo, AKP Andika Alfatoni menjelaskan, kejadian itu bermula saat bus Hino pariwisata dengan nomor polisi B-7764-AS melaju dari arah timur (Yogyakarta) ke barat (Garut).

Awalnya, bus yang baru mengantar para siswa berwisata ke Yogyakarta tersebut melaju dengan kecepatan sedang.

"Mendekati TKP, bus kemudian bergerak ke kanan dengan maksud hendak mendahului kendaraan yang melaju searah di depannya," kata Andika seperti dikutip dari Kompas.com, Minggu (12/2/2023).

Baca Juga: Dirlantas Bakal Tambah Titik Putaran Balik di Jakarta yang Akan Ditutup Tahun Ini

Namun dari arah berlawanan ada dua sepeda motor yang sedang melaju, sehingga tabrakan pun tidak terhindarkan. Bus kemudian terguling dan menimpa 2 sepeda motor. Seorang pengendara motor tewas akibat kejadian itu.

Sekitar 40 menit kemudian, Basarnas DIY bersama warga sekitar berhasil mengevakuasi para korban dari lokasi dan membawanya ke RS Tjirtowardoyo.


 

"Sampai saat ini 1 Mas, yang lain mengalami luka-luka," ujar Andika.

Kanit Gakkum Satlantas Polres Purworejo, Iptu Eko Rosdianto mengatakan, korban tewas diketahui bernama Riyan Prasetiyo (21) warga Dusun Gadeng Pleton, Pasar Anom Kecamatan Grabag Purworejo. Riyan meninggal di lokasi kejadian dengan luka parah di tubuhnya.

"Dugaan sementara penyebabnya kelalaian pengemudi karena mendahului dalam keadaan belum aman," ucap Eko.

Baca Juga: Sidang Vonis Ferdy Sambo Hari Ini, Simak Lagi Tuntutan dan Hal yang Memberatkan

Sedangkan korban luka berat atas nama Khoirul Mustaman warga Watu Tumpeng, Tanjung Sari Kutowinangun, Kebumen. Khoirul mengalami patah kaki dalam kecelakaan ini.

"Yang meninggal pengendara motor dan satu luka berat patah kaki," tuturnya.

Kemudian tim Basarnas juga membawa para murid dan guru SMP 3 Garut yang luka-luka ke RS terdekat. Sebagian dibawa ke RS Rizki Amalia, Temon, Kulonprogo. Sebagian lainnya dibawa ke RS Tjitrowardojo, sedangkan sebagian penumpang lainnya dievakuasi di Balai Desa Pejagran, Ngombol, Purworejo.



Sumber : Kompas.com, Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x