Kompas TV nasional aiman

Jurus Menang Sandiaga - AIMAN (4)

Kompas.tv - 22 Desember 2018, 16:30 WIB
Penulis : edika ipelona | Editor : Sadryna Evanalia

Sejumlah pernyataan Sandiaga yang viral di media sosial memang berasal dari gaya kampanye ini. Mulai dari tempe setipis kartu ATM, harga chicken rice atau nasi ayam, kebutuhan sehari-hari di pasar yang harganya naik, hingga soal nelayan yang akhirnya memancing emosi Susi Pudjiastuti (Menteri Kelautan dan Perikanan RI).

Aksi kampanye para paslon tentunya berpengaruh terhadap hasil elektabilitasnya. Masa kampanye sudah dua bulan berjalan, sejumlah survei sebagai pencapaian para paslon silih berganti diumumkan. Jumlah persentase elektabilitas para calon mengalami perubahan. Menurut survei Litbang Kompas, pada April 2018 elektabilitas Jokowi naik 9,6% menjadi 55,9%, sementara Prabowo turun 4,1% sehingga berada di angka 14,1% dibanding survei yang dilakukan pada Oktober 2017.

Setelah Cawapres diumumkan, elektabilitas Prabowo naik drastis. Survei Litbang Kompas Oktober 2018, Jokowi-Ma’ruf memperoleh 52,6% sementara Prabowo-Sandi naik drastis menjadi 32,7%. Hasil perhitungan juga tak jauh beda dengan Lembaga Survei Indonesia (LSI) pada November 2018.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x