Kompas TV regional berita daerah

Keren!! Tim Peneliti UMM Gunakan Limbah Rambut Jagung Jadi Minuman Celup Kaya Manfaat

Kompas.tv - 11 Februari 2023, 15:00 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV - Jika biasanya rambut jagung menjadi limbah tak terpakai, kini tidak lagi. Sekelompok peneliti dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), berhasil mengubahnya menjadi minuman celup kaya manfaat. 

Fakultas Pertanian dan Peternakan UMM menjelaskan, hasil penelitian tim menunjukkan bahwa rambut jagung merupakan pangan yang sifatnya fungsional. 

"Manfaatnya yang sudah diujikan adalah antioksidan. Minuman antioksidan tinggi bisa memberikan hasil sebagai  penguat imun" Terang Ketua tim peneliti Vritta Amroini Wahyudi. 

Ia menambahkan, pembuatan minuman ini cukup mudah. Setelah dicuci dan dikeringkan, rambut jagung dipanggang hingga berubah warna, kemudian dilumatkan hingga menjadi serbuk. 

Produksi minuman celup rambut jagung ini telah dilakukan oleh warga Desa Srigi Blitar. Limbah yang biasanya dibuang kini bernilai tinggi, dan berhasil meningkatkan ekonomi masyarakat setempat. 

Dijual mulai Rp 10 ribu per bungkusnya, minuman ini terus dikembangkan. Salah satunya dengan tambahan saripati jahe. Produk ini juga telah didaftarkan ke pangan industri rumah tangga atau PIRT. 

#rambutjagung #minumancelup



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.