Kompas TV nasional agama

Doa untuk Korban Gempa di Turki dan Suriah, PBNU Serukan Salat Gaib dan Tahlil

Kompas.tv - 9 Februari 2023, 20:15 WIB
doa-untuk-korban-gempa-di-turki-dan-suriah-pbnu-serukan-salat-gaib-dan-tahlil
Sekjen PBNU Saifullah Yusuf menyampaikan imbauan dari PBNU agar masyarakat dapat menggelar salat gaib dan tahlil untuk korban gempa Turki dan Suriah. (Sumber: Dok. PBNU)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) memberikan seruan bagi jajaran pengurus wilayah, pengurus cabang, dan pengurus cabang istimewa NU untuk melakukan salat gaib dan tahlil untuk korban gempa di Turki dan Suriah.

Sekjen PBNU Saifullah Yusuf mengatakan bahwa salat gaib dan tahlil akan digelar besok Jumat (10/2/2023), usai salat Jumat.

"Salat gaib dan tahlil setelah pelaksanaan salat Jumat bersama seluruh warga NU di wilayah masing-masing yang ditujukan untuk korban meninggal dunia dalam bencana gempa bumi di Turki dan Suriah," kata Saifullah Yusuf di Jakarta, Kamis (9/2/2023).

Baca Juga: Gempa Turki-Suriah, Bocah Perempuan Jadikan Badannya Perisai untuk Lindungi Adik dari Reruntuhan

Imbauan resmi salat gaib dan tahlil ini sudah ditandatangani Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf dan Sekjen PBNU Saifullah Yusuf, Kamis.

Mewakili PBNU, Saifullah menyampaikan belasungkawa atas timbulnya korban jiwa dalam gempa bumi di Turki dan Suriah.

"Semoga Allah SWT mengampuni segala salah dan khilaf mereka, serta menerima semua amal kebaikan mereka selama hidup," kata Gus Ipul, sapaan akrab Saifullah Yusuf.

Sebagai informasi, gempa bumi berkekuatan magnitudo 7,8 terjadi di Turki dan Suriah pada Senin (6/2/2023). Badan Penanggulangan Bencana di Turki, AFAD, menyatakan ada 12.391 orang tewas dan 62.914 orang luka-luka.

Baca Juga: Jumlah Korban Jiwa Gempa di Turki Lewati 12.000, Erdogan Mengaku Sempat Tak Siap Menghadapinya

Gempa tersebut membuat sejumlah provinsi terdampak, di antaranya Gaziantep, Hatay, Osmaniye, Adiyaman, Malatya, Sanliurfa, Adana, Diyarbakir, dan Kilis. Lebih dari 6.000 bangunan runtuh akibat gempa tersebut.


 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x