Kompas TV regional peristiwa

BMKG Catat 1.079 Gempa Guncang Jayapura sejak Awal 2023

Kompas.tv - 9 Februari 2023, 18:19 WIB
bmkg-catat-1-079-gempa-guncang-jayapura-sejak-awal-2023
Ilustrasi. BMKG mencatat sebanyak 1.079 gempa telah mengguncang wilayah Jayapura, Papua sejak awal tahun 2023 hingga Kamis (9/2/2023). (Sumber: Kompas.com/Shutterstock)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV -  Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat sebanyak 1.079 gempa telah mengguncang wilayah Jayapura, Papua, sejak awal tahun 2023 hingga Kamis (9/2/2023).

Hal ini disampaikan Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam konferensi pers secara daring, Kamis sore.

"Berdasarkan pengamatan BMKG sejak 2 Januari tahun ini hingga 9 Februari pukul 14.25 WIB, telah terjadi gempa bumi di wilayah Jayapura dan sekitarnya sebanyak 1.079 kali termasuk kali ini," kata Dwikorita.

Sehingga, kata dia, gempa dengan magnitudo 5,4, yang kemudian diperbarui menjadi 5,2 yang mengguncang sekitar Jayapura, pada Kamis siang tadi, bukanlah gempa satu-satunya yang terjadi sejak tahun 2023.

Lebih lanjut, dia menuturkan, dari 1.079 gempa di Jayapura tersebut, sebanyak 132 dapat dirasakan masyarakat.

"Jadi ini bukan satu-satunya gempa yang terjadi. Namun sejak 2 Januari hingga hari ini di Jayapura, di kota Jayapura dan sekitarnya telah terjadi 1.079 kali kejadian gempa dan 132 kali di antaranya dirasakan oleh masyarakat," jelasnya.

Maka dari itu, Kepala BMKG mengeklaim pihaknya sudah sejak beberapa waktu lalu menggencarkan sosialisasi kewaspadaan gempa, misalnya, lewat seminar yang menghadirkan para ahli.

"Jadi ada beberapa kali sosialisasi dan seminar untuk meningkatkan kewaspadaan kejadian gempa bumi. Bahkan diselenggarakan pula bersama Ikatan Ahli Geologi Indonesia dan Himpunan Ahli Geofisika Indonesia," jelasnya. 

Sementara terkait gempa yang mengguncang Jayapura pada hari ini, Dwikorita mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Baca Juga: Gempa M 5,4 Guncang Jayapura, Sejumlah Bangunan Dilaporkan Rusak



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.