Kompas TV regional agama

Siswa MTsN Model Ciptakan Robot Ramah Lingkungan

Kompas.tv - 9 Februari 2023, 15:46 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

BANDA ACEH, KOMPAS.TV - Berawal dari kepedulian terhadap lingkungtan sekitar yang kerap terbengkalai dan tak terawat, dua siswa madrasah Sanawiyah Negeri atau MTsN Model Banda Aceh merancang robot yang mampu memotong rumput, mengisap hingga mengolahnya menjadi kompos, serta dapat menyiram tanaman. Robot ini dinamai smart cutting board berbasis Micro Kontroler.

Tidak hanya itu, kerennya lagi, robot ini juga mampu mendeteksi dan mengikuti pergerakan yang mencurigakan dimalam hari dan secara otomatis alarm yang dipasang pada robot juga ikut berbunyi. Hal ini pula yang membuat robot tersebut dapat digunakan untuk security di rumah.

Sahla Saida dan Yudha Arif, dua siswa ini yang memiliki ide awal untuk merancang robot tersebut. Robot ini juga ramah lingkungan, karena menggunakan panas matahari sebagai sumber energi utama untuk menggerakan seluruh komopen yang ada pada robot,

Sementara itu, koordinator Riset MTsN Model Banda Aceh Nurmahni Harahap mengatakan, meski selama ini pihaknya kerap kesulitan dalam mendapat komponen-komponen elektornik untuk merancang robot, namun hal itu tidak menghalangi siswa untuk terus berkarya. Berkat kegigihan siswa ini pula, sekolah tersebut sudah mengikuti beragam perlombaan robot hingga ke tingkat nasional.

Di era moderen, robot memang sudah menjadi kebutuhan ditengah masyyarakat, tidak untuk menganti manusia dalam pekerjaan sehari-hari, melainkan robot dirancang untuk mempermudah dan membantu pekerjaan kita, seperti robot buatan anak Aceh



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x