Kompas TV bisnis kebijakan

Begini Cara Cek Perkiraan Keberangkatan Haji Secara Online, Pakai Aplikasi Pusaka

Kompas.tv - 9 Februari 2023, 14:06 WIB
begini-cara-cek-perkiraan-keberangkatan-haji-secara-online-pakai-aplikasi-pusaka
Masyarakat bisa mengecek perkiraan keberangkatan haji lewat aplikasi Pusaka. Aplikasi yang dirilis pada 20 November 2022 itu, sekarang bisa diunduh melalui Google Play (android) dan App Store (iOS). (Sumber: kemenag.go.id)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Antrean keberangkatan haji terus bertambah setiap tahunnya. Bahkan kini ada jemaah haji yang harus menunggu hingga hampir 30 tahun, sejak mendaftar hingga bisa berangkat ke tanah suci.

Belum lagi akibat pandemi, antrean keberangkatan haji menjadi mundur. Lantaran selama 2020-2022 pemerintah Arab Saudi membatasi kuota jemaah haji untuk mencegah penyebaran virus Covid-19.

Untuk memudahkan jemaah, Kementerian Agama telah menghadirkan sebuah aplikasi layanan bernama Pusaka. Aplikasi yang dirilis pada 20 November 2022 itu, sekarang bisa diunduh melalui Google Play (android) dan App Store (iOS).

Mengutip dari laman Indonesia.go.id dari Kemenkominfo, Kamis (9/2/2023), aplikasi ini hadir dalam bentuk logo serupa gunungan dengan warna perpaduan antara ungu dan biru langit, serta dengan latar belakang warna putih dan tulisan 'Pusaka'. Saat mengunduh pastikan memilih logo yang benar.

Baca Juga: Kemenag dan DPR Upayakan Masa Operasional Haji Berkurang Jadi 30 Hari

Selanjutnya, untuk mengecek perkiraan keberangkatan haji, jemaah dapat melakukan sejumlah langkah berikut:

1. Buka aplikasi Pusaka;

2. Pilih menu "Islam";

3. Lihat menu "Layanan Haji & Umrah" lalu pilih menu "Estimasi Keberangkatan";

4. Masukan nomor porsi pada kolom yang tersedia, lalu tekan "Cari Nomor Porsi".


 



Sumber :

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.