Kompas TV nasional hukum

Todung: Ada yang Salah dengan Tuntutan Jaksa untuk Richard Eliezer, Itu Menginjak-injak Keadilan

Kompas.tv - 9 Februari 2023, 10:23 WIB
todung-ada-yang-salah-dengan-tuntutan-jaksa-untuk-richard-eliezer-itu-menginjak-injak-keadilan
Todung Mulya Lubis dalam Satu Meja The Forum,Rabu (8/2/2023) menyebut rasa keadilan yang terkoyak-koyak dan akal sehat menjadi alasan 122 akademisi membentuk Aliansi Akademisi Indonesia membela Richard Eliezer (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Inisiator Aliansi Akademi Todung Mulya Lubis menilai ada sesuatu yang salah dengan tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) terhadap terdakwa Richard Eliezer Pudihang Lumiu.

“Tidak sulit untuk kita menyimpulkan bahwa there something wrong dengan tuntutan yang diajukan Jaksa,” kata Todung dalam Satu Meja The Forum KOMPAS TV, Rabu (8/2/2023) malam.

“Karena juga tidak mempertimbangkan banyak hal yang diajukan dalam proses peradilan.”

Maka itu, kata Todung, dirinya langsung menyetujui ketika Prof Dr Sulistyowati Irianto dari Fakultas Hukum Indonesia menggagas sahabat pengadilan atau amicus curiae bagi Richard Eliezer.

Sebab menurutnya, dalam perkara tewasnya Nofriansyah Yosua Hutabarat, Eliezer hanyalah pihak yang diperdaya Ferdy Sambo.

Baca Juga: Paman Ferdy Sambo Berharap Hakim Beri Putusan Berimbang untuk Keponakannya: Nggak Ada Niat Bunuh

“Rasa keadilan kita itu tersentuh, terkoyak-koyak, terinjak-injak dengan kasus ini, kita punya akal sehat,” ujar salah satu pengacara senior ini.

“Akal sehat kita bisa melihat kasus posisinya seperti apa, aktor utama seperti apa dan siapa yang diperdayakan, siapa yang disalahgunakan, siapa yang didikte diperintahkan.”

Todung lebih lanjut menambahkan, meskipun menjadi amicus curiae bagi Richard Eliezer.

Sejumlah akademisi, katanya, tidak bermaksud mempengaruhi hakim untuk membebaskan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.