Kompas TV regional berita daerah

Merapi Erupsi, Disertai Guguran Awan Panas

Kompas.tv - 8 Februari 2023, 18:35 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SLEMAN, KOMPAS.TV - Gunung Merapi yang berada di perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta kembali erupsi pada Rabu (08/02/2023) pagi. Erupsi Gunung Merapi kali ini disertai luncuran awan panas guguran ke arah barat daya sejauh 1.5 kilometer.

Berdasarkan catatan petugas pos pemantauan Gunung Merapi, awan panas guguran terjadi sekitar pukul 07.10 WIB dengan amplitudo 52 milimeter berdurasi 130 detik.

Diperkirakan jarak luncur guguran awan panas kali ini mengarah ke hulu Sungai Boyong di sisi barat daya. Selain potensi hujan abu akibat erupsi Gunung Merapi, petugas pos pemantauan Gunung Merapi juga meminta warga mewaspadai bahaya banjir lahar dingin akibat hujan deras di Kawasan Puncak Gunung Merapi.

Hingga saat ini, status Gunung Merapi masih berada di level III (siaga) dengan potensi awan panas guguran dari 2 titik kubah lava di sisi barat dan selatan kawah. Pihak BPPTKG Yogyakarta mengiimbau warga dan wisatawan untuk tidak melakukan kegiatan di dalam zona bahaya yang direkomendasikan, yaitu radius lima kilometer dari puncak.

#erupsi #gunungmerapi #awanpanas



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x