Kompas TV regional berita daerah

Harga Bahan Pokok Naik, Pedagang Kurangi Porsi hingga Naikkan Harga

Kompas.tv - 8 Februari 2023, 15:36 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Kenaikan sejumlah harga bahan pokok, seperti beras, bawang merah, bawang putih, dan minyak goreng memberikan dampak pada usaha kuliner seperti warung makan. Untuk menekan adanya kerugian dengan adanya kenaikan ini, pelaku usaha warung makan yang berada di Jalan Dokter Kariadi, Kota Semarang, Jawa Tengah terpaksa menaikkan harga jual makanan jenis sayur dan mengurangi porsi nasi.

Untuk jenis sayur yang semula harganya Rp 2.000 per porsi kini dinaikkan menjadi Rp 3.000 per porsi. Untuk harga nasi putih tidak dinaikkan, namun porsinya dikurangi. Sementara itu, untuk harga lauk, seperti ikan, ayam, dan lainnya tidak dinaikkan.

“Siasatnya itu per sayur atau per satu porsinya kita naikkan Rp 1.000, sedangkan untuk nasi, kita kurangi porsinya sedikit,”ujar Indah, karyawan warung makan.

Meskipun ada kenaikan harga untuk jenis sayur dan porsi nasi yang dikurangi, Indah bersyukur penjualan masih normal dan tidak ada keluhan dari pembeli. Indah juga berharap, harga bahan pokok bisa segera normal kembali sehingga pelaku usaha makanan dan ibu rumah tangga dapat menekan biaya pengeluaran.

#bahanpokok #semarang #warungmakan



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x