Kompas TV bisnis kebijakan

Pemerintah dan DPR akan Bahas Biaya Haji Hari Ini, Rencana Ditetapkan 14 Februari 2023

Kompas.tv - 8 Februari 2023, 14:22 WIB
pemerintah-dan-dpr-akan-bahas-biaya-haji-hari-ini-rencana-ditetapkan-14-februari-2023
Sejumlah jamaah haji kloter pertama melakukan sujud syukur setibanya di Terminal 2 Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (17/7/2022). (Sumber: Kompas TV/ANT/Umarul Faruq)
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Agama dan Komisi VIII RI akan kembali menggelar rapat terkait biaya haji pada hari ini, Rabu (8/2/2023). Rapat dijadwalkan dimulai pada pukul 14.00 WIB di Gedung DPR Jakarta.

Sebelumnya, pihak Kementerian Agama mengirim utusan ke Arab Saudi untuk bernegosiasi terkait biaya akomodasi. Tawar menawar itu tak hanya dilakukan Indonesia, tapi juga dari negara lain. Pasalnya, mulai tahun ini kuota haji yang diberikan Arab Saudi sudah kembali normal seperti sebelum pandemi.

Sehingga permintaan akan kamar hotel meningkat dan memicu kenaikan harga.

Direktur Jendral Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) Hilman Latief mengatakan, pihaknya akan melibatkan ahli dari sejumlah bidang dalam perumusan biaya haji 2023. Agar lebih adil dan transparan.

"Kan kita akan dengarkan dulu pakar-pakar keuangan bicara dana haji, ahli fiskal, ahli minyak, transportasi, dan lain-lain," kata Hilman saat dihubungi Kompas TV, Rabu (8/2).

Baca Juga: Kemenag Terbitkan Recana Perjalanan Haji 2023, Ini Rincian Jadwalnya

Pembahasan terus dilakukan hingga mencapai hasil yang akan ditetapkan pada pertengahan Februari nanti.

"Belum, masih dikaji. Tanggal 14 Februari kita tetapkan," ujar Ketua Komisi VIII DPR Ashabul Kahfi dalam keterangan tertulisnya kepada media, Selasa (7/2).

DPR juga sudah meminta Garuda Indonesia untuk menghitung ulang biaya tiket pesawat. Direktur Utama Garuda Indonesia mengatakan, Komisi VIII DPR meminta pihaknya untuk menurunkan harga tiket pesawat untuk layanan haji.


Ia pun terbuka untuk membahas komponen apa saja yang menjadi biaya yang harus ditanggung Garuda dalam penerbangan haji.

Adapun komponen terbesar dalam biaya haji adalah tiket penerbangan Jakarta-Arab Saudi PP yang dilayani oleh Garuda. Yakni Rp33,9 juta.

Ia menegaskan, Garuda tidak berniat mengambil untung besar-besaran dari biaya tiket pesawat jemaah haji.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.